Banyu Langsih, Wisata Tersembunyi

1049

Wisata Banyu Langsih Tuban2kabartuban.com – Kekayaan alam Kabupaten Tuban tidak hanya dalam hal bahan baku industri yang sudah cukup dikenal dunia internasional. Namun wisata alamnya cukup banyak dan luas bertebaran di banyak wilayah di Tuban. Jika orang lebih mengenal wisata air terjun di Tuban adalah di Nglirip, namun salah satu objek wisata yang masih jarang dikunjungi dan dikenal masyarakat luas, ternyata tidak kalah menariknya.

Adalah wisata air terjun Banyu Langsih. Wisata alam yang tidak jauh dari kota ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat Tuban pada umumnya, namun tidak banyak dikenal oleh kalangan luar Tuban. Keindahan alam yang berada di Desa Boto, Kecamatan Merakurak Tuban ini masih terlihat sangat asli dan belum banyak sentuhan. Jika berkunjung ke sana, sangat jelas sekali kesejukan dan originalitas alam yang masih cukup terjaga.

Jika kita menginjakan kaki di sana, maka alam kan memberikan kita suguhan berupa pemandangan alam yang indah dengan tumpukan air terjun. Batu – batu besar mengapit aliran  air yang putih dan sensual.

Meskipun tidak setinggi air terjun Nglirip, Banyu Langsih memberikan panorama yang berbeda dan eksotik. Terdapat dua induk air terjun indah yang menumpuk, dan di bawahnya terdapat dua anak air terjun yang tidak kalah menyejukan hati saat dipandang.

Seorang pengunjung yang masih pelajar, Komang mengatakan, “Saya datang ke sini karena diajak teman. Awalnya tidak tahu, dan bertanya – tanya, apa istimewanya di sini, namun memang iya, sangat istimewa untuk dinikmati alamnya.” Tuturnya.

Lokasi tempat wisata alam ini cukup jauh dari kota, bahkan dari jalan utama. Untuk mencapai tempat tersebut, wisatawan harus menempuh jarak 6 Kilometer dari arah barat kota Tuban.

Berkunjung di area ini, tidak lengkap kiranya jika tidak membeli minuman “Legen”, khas Tuban yang banyak dijual di area tersebut. Tidak seperti yang dijual di pusat kota, minuman legen di sini masih cukup original karena dekat dengan pohonnya. (riz/im)