Belum Genap Setahun, Sebagian Ruas Jalan Tol Bocimi Ambles

17
Ruas Tol Bocimi Longsor/detik.com

kabartuban.com – Belum genap setahun pasca diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 4 Agustus 2023, jalan Tol Ciawi Sukabumi (Bocimi) amblas tepatnya di KM 64. Akibat dari kejadian ini, lajur main road Tol Bocimi tidak bisa digunakan untuk jalur mudik lebaran, Kamis (04/04/2024).

“Telah terjadi longsor di Jalan Tol Ciawi Sukabumi (Bocimi) Kilometer 64 arah Sukabumi pada hari ini, 3 April 2024,” ungkap Alex Siwu selaku Corporate Secretary PT Waskita Toll Road sebagaimana kami kutip dari Kumparan.com.

Untuk sementara waktu, kendaraan yang sudah masuk ke Tol Bocimi dari arah Ciawi menuju Parungkuda akan dialihkan keluar di Cigombong karena operasional Tol Bocimi akan ditutup dari arah sebaliknya.

Waskita Toll Road selaku salah satu pengelola Tol Bocimi menduga jika longsor ini terjadi akibat tanah di sekitar lokasi yang tergerus air hujan dengan intensitas tinggi.

Dampak dari kejadian tersebut, terdapat 2 mobil dan 3 orang menjadi korban telah dievakuasi dalam keadaan selamat. Garis polisi juga telah dipasang di sekitar lubang besar akibat kejadian Tol amblas tersebut.

PT Trans Jabar Tol selaku pemilik konsensi Tol Bocimi pada malam hari setelah kejadian langsung melakukan pengamanan dan pengalihan lalu lintas di sekitar lokasi kejadian. Begitu pula dengan Manajemen PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Waskita Toll Road yang melakukan peninjauan lokasi guna melihat kondisi keseluruhan memastikan penanganan di Ruas Tol Bocimi. (za/zum)

/