Buka Acara Jatirogo Expo 2022, Bupati Tuban: Event Ini Menjadi Wahana Promosi Produk UMKM dan IKM

162
Bupati Tuban saat buka acara jatirogo expo 2022

kabartuban.com –  Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE., didampingi Kapolres Tuban AKBP Rahman Wijaya dan Dandim 0811/Tuban, Letkol inf Suhada Erwin dalam acara pembukaan Jatirogo Expo 2022 pada senin, (29/08/22).

Pagelaran Jatirogo Expo tersebut diawali dengan pertunjukan drumband dan kirab budaya yang diikuti ribuan peserta dari kecamatan Jatirogo.

Bertempat di lapangan koramil Jatirogo, acara tersebut akan dilaksanakan selama satu minggu yang di isi dengan kurang lebih 50 stand dari UMKM dan IKM Kecamatan Jatirogo. Sejumlah kegiatan akan digelar di antaranya pentas seni, pertunjukan pencak silat, dan pagelaran wayang kulit Ki Sigit Arivanto. Selasa (30/08/22).

Pada kesempatan itu, bupati Tuban menyempatkan dialog dengan warga masyarakat, tujuannya untuk mengetahui perkembangan program pembangunan Pemkab Tuban sekaligus mendengar secara langsung aspirasi masyarakat.

Bupati Tuban menyampaikan kekagumannya atas antusias dan semangat yang ditunjukkan masyarakat Jatirogo. Peserta karnaval terdiri dari siswa TK hingga masyarakat lanjut usia,

“ Semangat yang ditunjukkan, kekompakan masyarakat Lansia harus kita tiru sebagai generasi muda untuk senantiasa berkontribusi,” ungkapnya kepada masyarakat Jatirogo.

Membahas terkait dukungan terhadap para UMKM dan IKM, Mas Lindra sapaan akrabnya menyatakan bahwa Pemkab Tuban berkomitmen mendukung upaya pengembangan potensi desa melalui program One Vilage One Product (OVOP). Hadirnya UMKM dan IKM ini akan mendukung optimalisasi potensi desa di Jatirogo. Di samping itu, sebagai upaya percrepatan pemulihan ekonomi masyarakat. “Adanya event ini menjadi wahana promosi produk UMKM dan IKM, “ Jelasnya.

Mas Lindra juga mendorong UMKM dan IKM agar mengurus perizinan, senantiasa meningkatkan mutu maupun pengemasan produk yang diytekuni. Tujuannya agar meningkatkan ketertarikan pasar terhadap produk lokal Kabupaten Tuban.

Dalam kesempatan itu Bupati Lindra berpesan kepada Masyarakat Jatirogo agar tetap menjaga kekomoakan dan kebersamaan yang telah terjalin. Sinergi lintas sectoral menjai modal utama untuk membangun desa, kecamatan dan Kabupaten Tuban.

“Mari Bersama-sama kita membangun Kabupaten Tuban,” Serunya.

Baca Juga: Pemkab Tuban Lakukan Revitalisasi Rest Area, Pedagang Harus Pergi Tanpa Adanya Kompensasi

Sementara di tempat yang sama, Camat Jatirogo, Deny Susilo Hartono, S.STP., MM., dalam laporannya menyebutkan tema besar yang diangkat pada event Jatirogo Expo 2022 itu adalah Pesonamu Adalah Jatidirimu. Tema tersebut diusung untuk mengelorakan semangat warga Jatirogo untuk mengoptimalkan potensi diri, desa, maupun wilayah Kecamatan Jatirogo agar dapat bersaing dan dipandang masyarakat luas.

“Juga meningkatkan rasa cinta tanah air selaras dengan peringatan HUT Ke- 77 Kemerdekaan RI” ungkapnya.

Deny Susilo menambahkan bahwa kegiatan yang berlangsung selama sepekan ini akan disi kegiatan edukasi siswa, ikrar damai lintas perguruan silat di Jatirogo. “ Puncaknya diadakan pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Sigit Ariyanto,” Tutupnya. (Nat)

 

 

/