Buka Ribuan Lowongan, Pencari Kerja Padati Job Fair Pemkab Tuban

222
foto: kegiatan Jobfair tuban

kabaratuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban menggelar Job Fair yang diikuti oleh 30 perusahaan dengan lebih dari 1.500 lowongan pekerjaan dari dalam dan luar negeri, Selasa (14/9/2022).

Bertempat di Hallroom Hotel Mustika Tuban, kegiatan yang sempat vakum beberapa tahun ini kembali menarik antusiasme pencari kerja yang ingin memanfaatkan kesempatan mendapatkan pekerjaan melalui fasilitas yang diberikan Pemkab Tuban.

Kepala Disnaker Kabupaten Tuban, Sugeng Purnomo mengungkapkan ada sebanyak 2.364 lowongan pekerjaan yang telah disiapkan. Lowongan pekerjaan tersebut termasuk penempatan di Tuban, luar daerah bahkan luar negeri.

“Lowongan kerjanya sampai hari ini ada 2.364, itu baik penempatan di Tuban termasuk luar daerah bahkan luar negeri ada Malaysia ada Taiwan,” ungkap Sugeng kepawa reporter kabartuban.com.

Baca Juga: Ngalap Berkah, Tiga Kelurahan di Tuban Langsungkan Sedekah Laut Bersama

Sugeng juga menambahkan tujuan diadakannya kegiatan ini guna memanfaatkan peluang lapangan kerja yang ada dan meminimalisir angka pengangguran yang ada di Kabupaten Tuban.

“Tujuan kita pertama karena angkatan kerja maupun tingkat pengangguran tinggi sehingga kita membuka ruang atau peluang lapangan kerja yang ada, dan ini kita upayakan tidak hanya perusahaan di kabupaten Tuban tapi juga diluar kabupaten dan ini meliputi perusahaan BUMD, BUMN maupun Swasta,” tambah Sugeng.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian (Disnaker) Kabupaten Tuban, Sugeng Purnomo saat dikonfirmasi saat acara di Pantai Boom Tuban, Rabu (14/9)

Masih terang Sugeng, dalam pagelaran Job Fair ini telah menggunakan metode yang memanfaatkan digitalisasi sehingga lebih memudahkan pencari kerja dalam melamar pekerjaan di perusahaan yang diinginkan.

“Kita juga mengacu secara era milenial, jadi di banner setiap stand kita sediakan barcode yang dapat di akses oleh masyarakat yang ada di luar Tuban atau di wilayah pelosok ini bisa di scan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan karena masih dalam pandemi Covid-19,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sugeng berharap dengan adanya bursa kerja ini dapat memberikan multi efek dengan memberi ruang kepada para pencari kerja khususnya bagi masyarakat Tuban.

“Harapan kita semoga ada multi efek, untuk memberi ruang bagi pencari kerja sehingga pengangguran di Tuban ini berkurang, dan ada kemajuan serta peningkatan ekonomi termasuk kesejahtaraan masyarakat,” harapnyaa.

Sementara itu, salah satu perusahaan di Tuban, PT Astra International Tbk yang turut mengikuti Job Fair dengan membuka beberapa lowongan pekerjaan mengaku sangat terbantu dengan adanya Job Fair yang digelar oleh Pemkab Tuban.

“Sebenarnya ini cukup bermanfaat ya untuk semuanya, bisa jadi penghubung antara yang nyari pekerjaan dan juga perusahaan yang butuh, sebenarnya ini hal yang positif mengingat kegiatan ini sudah vakum kurang lebih dua tahun sebab adanya pandemi itu,” jelas Wasyiun selaku PIC CRM perusahaan tersebut kepada kabartuban.com di lokasi.

Senada dengan Wasyiun, salah satu pencari kerja, Khoirul Husain (23) mengaku mengapresiasi kegiatan Job Fair yang digelar Pemkab Tuban dengan sangat rapi. Hal tersebut dinilai sangat membantu para pencari kerja.

“Untuk kedepannya mungkin bisa di Followup lagi terkait dengan hal-hal seperti ini, bisa diteruskan juga, sehingga kami yang mencari lowongan kerja bisa dipermudah karena hal seperti ini sangat membantu bagi kami,” harapnya. (nat/dil)

/