Bupati Berangkatkan Jama’ah Haji Tuban Secara Simbolis di Pendopo Krido Manunggal

33
Jama'ah Haji Tuban

kabartuban.com – Pada musim Haji tahun ini, sebanyak 1.157 calon jamaah haji asal Kabupaten Tuban telah diberangkatkan secara simbolis oleh Bupati Tuban, bersama Forkopimda serta Kemenag Tuban dari Pendopo Krido Manunggal, menuju Asrama Haji Surabaya pada hari Senin, 13 Mei 2024.

Ummi Kulsum, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tuban menjelaskan bahwa dalam musim haji tahun ini, Kabupaten Tuban telah memberangkatkan jamaah haji sebanyak 4 kelompok terbang (kloter), yaitu kloter 11 dengan 366 jamaah, kloter 12 dengan 366 jamaah, kloter 13 dengan 366 jamaah, dan kloter 14 dengan 59 jamaah, dengan kolaborasi dari Kota Batu, Surabaya, dan Tuban. Totalnya adalah 1.157 jamaah haji dari Kabupaten Tuban untuk tahun 2024.

“Aslinya total jamaah haji dari Kabupaten Tuban berjumlah 1.163 pada saat manasik, namun ada 6 calon jamaah haji yang tidak jadi berangkat,” ungkap Ummi Kulsum, Kepala Kemenag Tuban.

Ia menyebutkan alasan keenam calon jamaah haji yang tidak dapat berangkat, di antaranya, 3 jamaah mundur karena sakit dan 3 jamaah lainnya terkendala visa. Namun, masalah visa tersebut sudah teratasi sehingga ketiga calon jamaah bisa berangkat dan digabungkan dengan kloter 41 ke atas.

Untuk jamaah haji yang masuk pada kloter 11 akan masuk ke embarkasi Surabaya pada pukul 17:00 WIB, dan jamaah haji kloter 12 akan masuk pada pukul 18:00 WIB, sedangkan untuk kloter 13 dan 14 akan transit di Masjid Al-Akbar karena dijadwalkan akan masuk embarkasi pada pukul 21:00 WIB.

“Kami berharap berangkat dengan sehat, kembali ke tanah air juga harus sehat, dan tidak perlu terlalu banyak memikirkan keluarga yang berada di Tuban. Manfaatkanlah waktu sebaik mungkin untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT,” ujar Aditya Halindra, Bupati Kabupaten Tuban. (fah/za/zum)

/