Bupati Tuban Buat Surat Pernyataan Penetapan Siaga Banjir

375

kabartuban.com – Hujan yang mengguyur kota Tuban beberapa waktu terakhir ini disikapi dengan serius oleh Pemerintah Kabupaten Tuban. Meskipun intensitas hujan belum mengalami peningkatan yang cukup membahayakan, Bupati Tuban sudah membuat surat  pernyataan penetapan siaga banjir, tanah longsor, dan puting beliung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Joko Ludiono menjelaskan, “Menurut prediksi BMKG, Desember ini hujan masih intensitas rendah, tapi kita sudah melakukan penyusunan rencana – rencana mitigasi, kontijensi, dan operasi bencana banjir, dan mengidentifikasi tanggul – tanggul kritis.” Tuturnya.

Tidak hanya itu, Joko Ludiono juga menyatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi desa tangguh, ke desa – desa rawan banjir. Menurutnya, intensitas hujan yang tinggi diperkirakan akan terjadi pada bulan Januari s.d Maret 2014.

“Bapak Bupati sudah membuat surat pernyataan penetapan siaga banjir, tanah longsor dan puting beliung. Diperkirakan januari sampai maret intensitas hujan tinggi. Sekarang tinggi muka air meski menunjukan kenaikan, tapi kategori aman di bawah siaga,” imbuhnya, saat dikonfirmasi wartawan media ini, Senin (9/12/2013).

Kendati masih dalam kategori aman di bawah siaga, sebagian masyarakat mulai resah karena tinggi muka air sungai bengawan solo menunjukan kenaikan signifikan. (im)