Dua Ribu Peserta Kosti Ikuti Jambore Nasional Sepeda Tua di Tuban

22

kabartuban.com – Sekitar dua ribu peserta sepeda ontel dari berbagai belahan Nusantara mengikuti jambore nasional sepeda tua EPS 3 di Kabupaten Tuban serta pengukuhan pengurus Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) yang diselenggarakan di alun-alun Tuban pada Minggu, (05/05/2024).

Pawai sepeda ontel ini dimulai dan diakhiri di depan Pemerintah Kabupaten Tuban, menempuh rute sekitar 16 kilometer di jalan kota Tuban.

“Jambore nasional sepeda tua tahun ini lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya karena sifatnya nasional, sementara tahun sebelumnya bersifat regional. Meskipun Bupati kurang berkenan dengan sepeda tua, beliau lebih menyukai sepeda gunung,

namun tetap mengizinkan penyelenggaraan acara ini,” ungkap Masripan, mantan ketua KOSTI Tuban.

Soekron, Panitia KOSTI Tuban, berharap agar para anak muda dapat ikut serta dalam melestarikan budaya Tuban. Dengan adanya event jambore nasional sepeda tua ini, diharapkan dapat mempererat persatuan anak muda agar lebih menghargai budaya Nusantara.

“Dengan adanya acara seperti ini, kita dapat menjalin silaturahmi dengan teman-teman dan memperkenalkan sejarah budaya kepada masyarakat, terutama yang sudah terbiasa dengan gaya hidup modern dan tidak mengenali sejarah kuno Nusantara,” ujar Suripto, peserta KOSTI dari Pemalang.

Acara jambore ontel kuno ini dihadiri oleh sekitar dua ribu peserta dari Jakarta, Banyuwangi, Pemalang, Pekalongan, Malang, Jombang, Sidoarjo, Magetan, Kediri, Jember, Lumajang, dan sebagian di antaranya menggunakan mobil. (fah/za)

/