Festival Tonglek, Musik Penggugah Sahur

361

IMG_9548kabartuban.com – Guna memeriahkan bulan suci ramadhan, Ikatan Pelajar nahdlatul Ulama’ (IPNU) ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama’ (IPPNU), cabang Tuban, mengadakan  festival tonglek, musik penggugah sahur.

Festival tonglek yang dipusatkan dihalaman kantor PC NU Tuban kali ini,  turut dihadiri Bupati Tuban, Fathul Huda, dan dalam sambutannya, orang yang pernah menjabat sebagai Ketua Tanfidz NU cabang Tuban tersebut, menyampaikan, “Kami pemerintahan daerah mengapresiasi kegiatan IPNU-IPPNU, yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Tonglek ini, adalah sebuah kesenian yang ada unsur da’wahnya kalau dikelola dengan baik, dulu Raden maulana Makdum ibrahim, yang dikenal dengan sunan bonang, berda’wah juga lewak kesenian bonang”.

Dari informasi yang dihimpun kabartuban.com. Festival tonglek kali ini telah memasuki tahun ke-17, sejak pertama kali dilaksanakan tahun 1997. Dalam festival musik penggugah sahur, atau biasa disebut dengan musik tonglek kali ini, diikuti 75 grup musik tonglek dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban.

“Festival musik tonglek kali ini, adalah yang ke-17 kalinya, kami Pimpinan Cabang (PC) IPNU-IPPNU, secara konsisten, mengadakan kegiatan  ini, untuk menyemarakan bulan suci ramadhan, dan pada tahun ini, diikuti 75 grup musik tonglek dari berbagai Kecamatan, yang ada di Tuban” Tutur Rukmiati, Ketua PC. IPPNU Kabupaten Tuban. Selasa (22/7/2014)

Rukmiati, juga menabahkan, selain untuk menyemarakan bulan suci ramadhan, IPNU-IPPNU Tuban, ingin mempertahankan serta melestarikan budaya, membangunkan sahur dengan alat musik tonglek.

“Tonglek, yang kita kenal sebagai musik pengguga sahur, adalah bagian dari tradisi orang jawa, maka kita harus bisa mempertahankan tradisi tersebut, dan kita budayakan alat musik tonglek” ujar rukmi lebih lanjut.

Dalam festival tonglek kali ini, start dan finish dikantor NU tersebut,  melewati rute, jalan Diponegoro, Basuki Rahmat, berlanjut kejalan Ahmad Dahlan, Ronggolawe, dan kembali kejalan Diponegoro, grup tonglek asal merakurak Lestari Budoyo,memenangkan festival tonglek pada tahun ini (Pul)