Harga Cabai Enggan Turun, Tembus Rp150 Ribu

545
Salah satu pedagang cabai di Pasar Baru Tuban yang mengaku kesulitan menjual cabai karena masih mahal.

kabartuban.com – Hingga saat ini, harga cabai di Kabupaten Tuban masih belum stabil, bahkan disejumlah pasar tradisional sudah tembus hingga Rp150.000 per kilogram (Kg), melonjaknya harga ini menurut pedagang sudah terjadi sejak tiga hari terakhir.

Rumi, salah pedagang cabai di pasar tradisional Jalan Gajahmada Tuban, mengatakan, naiknya harga cabai kali ini membuat pedagang semakin resah, pasalnya harga cabai belum pernah turun secara seknifikan terhitug sejak pertengahan Desember tahun lalu.

“Harganya tinggi terus, malah naik belum sekalipun harga normal sejak Desember kemarin. Sekarang eceran Rp150 ribu, kalau untuk pedagang saya jual Rp140 ribu per kilo,” Terang Rumi (20/2/2017).

Pedagan yang sudah tahunan jualan cabai di pasar baru tuban ini juga mengaku akibat mahalnya harga cabai, dirinya hanya mampu mengambil sedikit cabai dari pemasok, karena modalnya akan habis untuk satu jenis bahan jika terlalu banyak membeli cabai. “Kalau kulakan cabai terlalu banyak gak bisa kulakan lainya mas,” katanya.

Ia bersama berharap, pemerintah segera turun tangan untuk mengatasi mahalnya harga cabai ini, agar pedagang tidak tidak semakin kesulitan. Menurutnya saat ini menjual cabai jauh lebih sulit lantaran harganya semakin tidak terjangkau terutama untuk ibu rumah tangga.

“Ibu rumah tangga sekarang belinya sedikit sekali, malah kadang beli hanya untuk dibuat satu kali masak aja, padahal kalau harga normal seperempat itu paling sedikit,” terang pedagang bumbu dapur itu.

Sementara itu Minten, pedagang sayur asal Kecamatan Widang mengaku, hanya mampu membeli 2 Kg hingga 3 Kg saja, padahal dia akan menjual kembali cabai itu di rumahnya.

“Beli cabai rawitnya 1 kilo saja, kalau cabai kriting termasuk normal jadi belinya agak banyak,” jawab Minten saat ditanya kabartuban.com.

Senada dengan Rumi, Minten juga berharap da langkah konhkrit dari pemerintah soal cabai yang harganya luar biasa ini, menurut dia harga cabai sekarang ini adalah paling mahal sepanjang dirinya berjualan sayuran.

“Ini harga paling mahal setahu saya, sepanjang jualan cabai baru kali ini harganya sampai Rp150 ribu,” katanya.

Untuk diketahui, gejolak harga cabai rupanya hanya dialami cabai rawit, cabai kriting dan cabai hijau sejauh ini masih cukup terjangkau meski tidak terlalu murah. Cabai kriting saat ini dihargai Rp35.000/Kg, sedangkan cabai hijau Rp40.000 hingga 45.000/Kg. Disamping caba, harga bumbu dapur lainya seperti tomat, bawang merah, bawang putih normal. (Luk)

/