Harga Daging Sapi Tuban, Kisaran 110 Ribu

360

kabartuban.com – Kenaikan harga daging sapi juga terjadi di Pasar Baru Tuban (PBT), jika sebelumnya daging sapi per kilo seharga 80 ribu s.d  90 ribu rupiah, saat ini harga daging sapi sampai pada kisaran 110 ribu riupiah, Rabu (12/8/2015).

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) Kabupaten Tuban, Bismo Aji mengatakan, “Hari ini sesuai hasil pendataan petugas kami, harga daging sapi sudah mencapai Rp 110 ribu rupiah per kilo,” tuturnya.

Menurutnya, kenaikan harga ini disebabkan oleh pembatasan impor sapi yang dilakukan pemerintah pusat, sehingga pasokan daging  secara nasional berkurang.

Meskipun tidak terlalu signifikan seperti di Jakarta dan Jawa Barat, dimana harga daging sapi mencapai 130 ribu rupiah, kenaikan harga daging sapi di Tuban sudah terjadi sejak tiga hari terahir.  

Kendati demikian, lanjut Bismo, pasokan daging sapi di pasar Tuban masih normal atau belum ada masalah,  kebijakan pembatasan impor sapi juga sedikit banyak berpengaruh dengan jumlah sapi di dalam daerah.

Berdasarkan penelusuran wartawan media ini, kenaikan harga daging sapi di Kabupaten Tuban relatif sama, kisaran 10 ribu s.d 15 ribu rupiah, sehingga harga daging sapi di Tuban rata – rata pada kisaran 110 ribu rupiah. Tidak hanya di PBT, hal itu juga terjadi di  sejumlah pasar di Tuban, termasuk pasar krempyeng yang ada di jalan pramuka. (af/im)