Haul Sunan Bonang Ke 513 H Digelar Secara Internal, Panitia: Hanya Kegiatan di Makam Saja

793
Makam sunan bonnag Tuban

kabartuban.com – Memperingati Haul Sunan Bonang ke 513 H, Yayasan Mubbarot Sunan Bonang akan menggelar beberapa agenda kegiatan. Namun berbeda dengan haul-haul di tahun sebelumnya, haul Sunan Bonang tahun ini digelar secara internal.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ahmad Hidayatur Rachman selaku Panitian Haul Sunan Bonang saat dikonfirmasi melalui pesan singkat via Whatsapp, Senin (15/8/2022).

“Terkait haul masih persiapan dan belum matang karena masih koordinasi dengan Polres dan Pemkab Tuban. Kegiatan Haul hanya dilakukan secara intern di makam saja,” bebernya.

Kegiatan Haul Sunan Bonang yang diadakan secara internal tersebut juga meniadakan beberapa kegiatan seperti hadrah, pengajian umum serta khitan massal.
“Ya minus hadrah, pengajian umum dan khitan,” tegasnya.

randown acara haul sunan bonang tuban

Dalam kesempatan tersebut, Dayat sapaan akrabnya berharap peringatan Haul Sunan Bonang tahun depan dapat dilaksanakan dengan penuh hormat kepada Waliyullah serta dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi peziarah dan masyarakat secara umum.

“Semoga bisa memberikan pelayanan terbaik bagi peziarah dan masyarakat umum terutama para pemangku makam se jawa dan para Habaib. Lebih dari itu magnet peziarah bisa mendongkrak perekonomian secara umum sebagai berkah karomah sunan bonang yang masih nyata sampai sekarang,” harapnya.

Baca Juga: Peringati Satu Dasawarsa, BAS Tuban Awali Dengan Kirab Ribuan Santri 

Untuk diketahui, terdapat beberapa rangkaian acara kegiatan yang akan dimulai pada 21 Agustus 2022 – 25 Agustus 2022. Diantaranya adalah:

Pada tanggal 21 Agustus 2022 atau 23 Muhharam 1444H diadakan Tahtimul Al-Qur’an Bin Nadhor di seluruh masjid di Kabupaten Tuban.

Kemudian tanggal 22 Agustus 2022 atau 25 Muhharam 144H diadakan pertemuan para alim ulama yang berlangsung di Masjid Astana Sunan Bonang.

Sedangkan tanggal 24 Agustus 2022 atau 26 Muhharam 1444H diadakan Tahtimul Al-Qur’an Bil Ghoib di seluruh masjid yang ada di Tuban.

Puncaknya sendiri pada tanggal 25 Agustus 2022 atau 27 Muhharam 1444H Haul Sunan Bonang diadakan Tahlil Akbar. (hin/dil)