Jelang Kurban, Dinas Peternakan Sidak Kesehatan Hewan

218

kabartuban.com – Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban melakukan sidak dan pemeriksaan hewan Kurban, disejumlah pedagang hewan kurban musiman dan tempat penampungan hewan kurban. Pemeriksaan hewan kurban untuk memastikan kualitas hewana, baik sebelum disembelih pada peringatah hari Raya Idul Adha besok.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban, Basuki Tjahyono mengatakan, pemeriksaan dilakukan terhadap kondisi fisik hewan, seperti gigi, mulut dan mata, pemeriksaan secara fisik ini dilakukan agar hewan benar-benar sehat saat disembelih untuk kurban.

“Pemeriksaan kami lakukan untuk memastikan hewan sehat dan tidak ada hewan yang sakit sebelum dipotong,” kata Basuki.

Pantauan di lapangan, petugas dinas mendatangi sejumlah lokasi penjualan hewan kurban, salah satunya berada dikawasan Kelurahan Perbon, Kecamatan Tuban, ditempat tersebut, petugas memeriksa sejumlah hewan kurban jenis Sapi dan kambing.

“Semua kami periksa, sapi dan kambing, sejauh ini belum ditemukan kambing atau sapi yang sakit, jika ditemukan tentu akan kami rekomendasikan untuk tidak disembelih, ” katanya.

Sementara itu, panitia penjualan kambing qurban, Nurul Hayat, Muhammad Asad, mengatakan, seluruh kambing miliknya berasal dari Kaabupaten Tuban. Setiap tahun yayasan selalu menyediakan hewan kurban dengan kualitas baik, tidak hanya usia cukup untuk kurban namun juga sehat secara fisik.

“Semua hewan sehat ada yang terdeteksi langsung kami kembalikan, semua sudah diseleksi dan semua sudah memenuhi syarat untuk dikurbankan,” kata Asad.

Ditempat penjualan tersebut, kambing dihargai mulai mulai Rp2,2 juta hingga Rp5,7 jutaan. Untuk sapi mulai harga Rp15 juta hingga Rp17,5 jutaan per ekor.

“Ada 130 ekor kambing dan 7 ekor sapi kami sediakan, separo lebih yang ada sudah terjual, jika ini masih banyak, karena sebagian masih belum diambil, dan akan kami antarkan sehari sebelum pelaksanaan qurban, ” terang Asad. (Luk)

/