Jelang Nataru, Harga Cabai Meroket

5
Salah satu pedagang cabai di Pasar Baru Tuban.

kabartuban.com – Jelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), harga beberapa komoditas pangan di beberapa di Tuban terpantau meroket. Pada hari ini, Senin (13/12/2021), harga cabai melambung hingga menyentuh Rp 100.000/kg.

Harga cabai rawit merah dibanderol Rp90.000 – Rp100.000/kg atau naik  hampir setengahnya dari harga sebelumnya. Sedangkan untuk harga cabai rawit hijau seharga Rp45.000/kg.

Salah satu pedagang cabai di pasar baru Tuban menggeluh dikarena faktor hujan yang membuat stok cabai berkurang dan mengakibatkan harga cabai menjadi mahal.

“Yang merah Rp90.000/kg kalau yang hijau Rp45.000/kg,” terang Sriah pedagang cabai di Pasar Baru Tuban.

Lebih lanjut Sriah mengatakan, jika biasanya ia memiliki stok yang cukup banyak, kini dengan adanya kenaikan harga cabai, dirinya mengaku tidak berani memiliki stok cabai terlalu banyak karena dikhawatirkan mengalami kerugian karena busuk.

“Saya Cuma nyetok sedikit, karena cabai tidak bisa tahan lama langsung rusak dan basah jadi gampang busuk,” tambahnya.

Di samping itu, untuk menambah pundi-pundi rupiah, Sriah memanfaatkan cabai yang sudah rusak namun masih layak untuk dikonsumsi yang kemudian dijadikan bumbu merak untuk dimasak dan dijual kembali.

“Ini dibuat racikan  bumbu untuk dibuat campuran yang baik, soalnya masih sayang kalau dibuang,” ucap Sriah.

Menurut Sriah, jika cabai dan bawang merah naik akan tetap laku karena kebutuhan pokok masyarakat. Berbeda jika kenaikkan tersebut terjadi pada bahan kebutuhan lain, seperti beras.

“Cabai sama bawang merah ini tidak apa-apa, pasti dibeli orang karena memang ini sudah kebutuhan pokoknya mereka untuk hari-hari biasa,” tutupnya.

Beralih dari Pasar baru Tuban, salah satu penjual cabai di Pasar Pramuka mengungkapkan bahwa harag cabai rawit merah dijual dengan harga Rp100.000/kg dan cabai rawit hijau Rp50.000/kg

“Ini yang kecil merah saja jualnya Rp100.000/kg dan yang hijau Rp 50.000/kg dari sananya sudah Rp40.000,” jelas Suminah salah satu penjual cabai di Pasar Baru Tuban.

Melonjaknya harga cabai hingga 3 kali lipat ini tentu mengagetkan banyak masyarakat. Pasalnya, cabai yang semula dibanderol dengan harga Rp30.000/kg kini melonjak hingga Rp100.000/kg.

“Karena sudah menjadi kebutuhan sehari-hari jadi meskipun mahal ya tetap dibeli, ini biasanya 1 ons bisa untuk sehari kini ½ ons bisa untuk 2 hari,” kata Muksin salah satu pembeli di Pasar Baru Tuban. (nat/dil)