Jelang Tahun Baru, Harga ‘Brambang’ Merangkak Naik

518

kabartuban.com – Memasuki Tahun baru 2016, sejumlah harga sembako terus mulai kenaikan. Seperti harga bawang merah yang dalam sepekan ini terus mengalami peningkatan hingga Rp 7.000 per kilo gram.

Berdasarkan pantauan kabartuban.com di Pasar Baru Tuban, harga bawang merah dari sebelumnya Rp. 18.000 menjadi Rp 25.000 untuk jenis yang baik, sedangkan yang biasa, yang sebelumnya Rp. 8.000 menjadi Rp 15.000.

“Sekarang harganya sudah terpaut Rp.7000 dari harga sebelumnya sejak minggu kemarin. Sekarang sudah mulai naik terus, semoga ndak naik lagi,” keluh Setiasih salah seorang pedagang di Pasar Baru Tuban, sabtu (12/12/2015).

Akibat kenaikan hingga Rp.7000 per kilogram, sejumlah konsumen mengeluh karena imbasnya daya beli masyarakat menurun. “Sepi, pembeli pada ngeluh, pelanggan yang dari Merakurak biasanya dalam tiga hari ambil satu karung, sekarang sudah seminggu belum kesini lagi,” pungkasnya.
Selain itu, Budi yang juga penjual Bawang merah di Pasar Baru Tuban juga mengungkapkan, kenaikan harga bawang merah tersebut diduga karena menjelang tahun Baru.

“Sudah biasa, kalau mau tahun baru banyak harga yang naik,” terangnya.

Membaca kondisi tersebut, Budi sekarang sudah mulai menampung dari distributor untuk mengantisipasi terjadi kekosongan barang.

“Iya ini sudah mulai nampung, soalnya kalau lagi naik gini biasanya sering kosong dari penyetornya,” imbuhnya.

Kepada wartawan media ini, sejumlah pedagang berharap semoga bawang merah tidak mengalami kenaikan lagi. Mengingat barang tersebut merupakan salah satu bahan pokok bagi masyarakat. (har/riz)

/