Juwita PKB Berharap Pemkab Tuban Lebih Agresif Hadapi Laju Industri

186
Anggota DPR RI, Ratna Juwita Sari

kabartuban.com – Kabupaten Tuban saat ini merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang sedang berkembang pesat di sektor industri. Tuban menjadi salah satu wilayah yang terus berkembang dan memiliki peran penting dalam laju pembangunan nasional, Jum’at (22/07/2022).

Berbagai perusahaan level nasional hingga internasional tumbuh dan berkembang di kabupaten Tuban. Mulai dari PT. Semen Indonesia yang berdiri di Tuban sejak tahun 1994 hingga yang terbaru mega proyek kilang Grass Root Refinery (GRR) di Tuban dengan investasi dari Rosneft asal rusia sebesar Rp 211,9 Triliun yang ditargetkan beroperasi pada tahun 2026 mendatang.

Menyikapi hal tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Ratna Juwita Sari mengatakan bahwa pertumbuhan industri di Tuban berkembang cukup pesat dan masyarakat Tuban harus menangkap peluang yang ada.

“(Industri di Tuban, red) Cukup pesat, meskipun masih di dominasi oleh industri plat merah yang bersifat padat modal,” kata Juwita kepada kabartuban.com

Anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dikenal dengan slogan ‘Iya Juwita’ tersebut melihat Sumber Daya Manusia (SDM) di Tuban mampu menjadi bagian dari tumbuh kembangnya industri dan bisnis di Kabupaten Tuban.

“Untuk terlibat secara langsung dalam kebutuhan skill di dalam industri yang hari ini berkembang di Tuban saya rasa sudah, justru yang belum siap adalah untuk yang menangkap peluang dari adanya “multiplier effect” yang ditimbulkan dari keberadaan industri tersebut,” terangnya.

Baca juga: Menuju Pasar Modern, Pasar Besar Tuban Terus Lakukan Pembenahan

Lebih lanjut Juwita berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban supaya lebih agresif atau bergerak cepat dalam menata dan juga mempersiapkan SDM di Tuban, agar mereka juga turut berperan aktif dalam menghadapi ekspansi industri yang terus bergerak dinamis di Tuban saat ini.

“Untuk bisa turut “menikmati” berkah dari keberadaan industri di Tuban, sebab saya belum melihat adanya komunikasi yang intensif dari Pemkab kepada masyarakat,” ungkapnya.

Kepada masyarakat Tuban Juwita berpesan agar dalam menghadapi ekspansi industri yang saat ini telah mengeliat bahwa, masyarakat tetap harus memahami ada kepentingan nasional yang harus dijaga bersama-sama.

“Namun masyarakat di Tuban juga harus tetap mendapatkan haknya, jangan mau “dikalahkan” sehingga tercapai Win-Win Solution harus tetap menjadi pilihan utama,” ucapnya.

Sementara itu, sebagai anggota DPR RI, Juwita juga telah melakukan berbagai upaya untuk mengedukasi dan membangun kesiapan masyarakat Tuban untuk menghadapi perkembangan industrialisasi, baik secara lisan maupun tulisan melalui media sosial (medos).

Selain itu juga melakukan kerjasama dengan menggandeng Kementerian untuk memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat dengan tujuan peningkatan skill, sehingga nantinya hal ini akan disambut kesiapan dalam menyambut perkembangan industri yang ada di Tuban. (hin/dil)

/