Menuju Pasar Modern, Pasar Besar Tuban Terus Lakukan Pembenahan

237
Perbaikan yang ada di Pasar Besar Tuban. (hin)

kabartuban.com – Pembenahan-pembenahan Pasar Tradisional di Kabupaten Tuban agar dapat bersaing dengan Ritel Modern mulai dilakukan, salah satunya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DKUKMP) Kabupaten Tuban di beberapa titik yang ada di Pasar Besar Tuban.

Koordinator Pasar Besar Tuban, Sukadi bersama dengan Himpunan Pedagang Pasar Besar (Hippab) juga telah mengambil langkah agar pembeli yang datang merasa nyaman dengan keadaan tata ruang pasar yang baru, salah satunya pemindahan pedagang bunga yang berada persis di bawah loket dipindahkan ke sebelah pintu keluar.

“Selanjutnya kami juga mengatur lesehan atau kaki lima yang ada di kantor dipindahkan di sebelah timur,” paparnya saat dimintai keterangan, Kamis (21/07/2022).

Adapun pembenahan atau revitalisasi Pasar Besar Tuban tahap kedua ini dilakukan di beberapa titik yaitu area berjualan para pedagang khususnya daging juga ayam yang berada tepat di bagian pojok belakang pasar, nantinya para pedagang daging sapi atau ayam akan dijadikan satu.

Tak hanya itu pantauan di lapangan Sukadi juga menjelaskan bahwa selain lapak penjual daging, pembenahan dilakukan di tempat berjualan gerabah yang lokasinya berada di sebelah barat pasar, dan yang terakhir pembongkaran 38 lapak penjual ikan serta perbaikan jalan hingga saluran air.

“Tujuan perbaikan ini kembali lagi agar para pembeli juga aman, nyaman untuk belanja disini. Nantinya juga kan mengarah pada Pasar Modern jadi salah satu langkah kita bersama dinas untuk bersaing ya dengan cara ini,” tegasnya.

Terdapat papan proyek yang menunjukkan bahwa revitalisasi Pasar Besar Tuban mengahabiskan dana sebesar Rp3.429.171.549,00 yang diambilkan dari Dana Anggaran Pendapatan Daerah (APBD) tahun 2022.

Papan proyek yang ada di lokasi pembenahan Pasar Besar Tuban.

Tertera juga di papan proyek pemenang tender dilaksanakan oleh CV. Buton Raya dan diperkirakan akan selesai selama 4,5 bulan tepatnya dimulai pada tanggal 18 Mei 2022 hingga 15 Oktober 2022.

“Pembenahan-pembenahan memang akan terus dilakukan agar pasar tidak nampak kumuh, nah kalau untuk keseluruhan sudah 75% telah terbangun kembali sejak insiden kebakaran dulu,” imbuhnya.

Untuk sementara penempatan para penjual daging dialihkan di sekitar area parkir motor yang berada di dalam pasar tersebut.

Ternyata hal ini disambut baik oleh penjual daging di Pasar Besar Tuban Fauzi (55), bahwa ia mendukung adanya perbaikan Pasar Besar Tuban supaya nantinya kembali lagi kepada para pedagang yang berjualan disana.

Baca Juga: DPRD Tuban Dapatkan Penghargaan Nirwasita Tantra

Satlantas Polres Tuban Lakukan Sosialisasi Program Polantas Laksama ke Desa-Desa

“Saya senang ada perbaikan yang nantinya bisa lebih luas dan lebih rapi kalau sudah jadi, harapannya semoga cepat selesai biar segera ditempati,” harapnya.

Hingga saat ini reporter media ini belum bisa mengkonfirmasi secara langsung tentang Pasar Besar Tuban kepada Kepala Agus Wijaya selaku Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DKUKMP). (hin/dil)

/