Kesbangpol Tuban Giatkan Verifikasi Data dan Pembinaan Ormas

53
Kepala Badan Kesbangpol Tuban Didik Purwanto

kabartuban.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tuban telah melakukan verifikasi organisasi masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Tuban. Berdasarkan data Badan Kesbangpol Pemkab Tuban, terdapat 272 Ormas dan LSM di Kabupaten Tuban. Jum’at (25/02/2022).

“Kita lakukan verifikasi dari 272 Ormas dan LSM, yang jelas dan eksis 182 Ormas dan LSM. Selebihnya, 90 yang lain sudah tidak eksis. Secara de jure ada, namun secara defacto tidak ada. Kita verifikasi dan catat semuanya, dan sebagian memang tidak bisa dibuktikan keberadaanya,” kata Didik Purwanto, Kepala Badan Kesbangpol Pemkab Tuban.

Lebih lanjut Didik mengatakan, pihaknya juga telah melakukan program pembinaan ormas di Kabupaten Tuban. Meskipun program tersebut tidak bisa terus menerus dilaksanakan karena kondisi anggaran, Badan Kesbangpol Tuban telah berupaya semaksimal mungkin untuk terlaksananya pembinaan, baik melalui program anggaran atau melalui kegiatan di luar anggaran.

“Kami sudah melaksanakan beberapa program pembinaan yang sifatnya simultan. Misalkan yang baru saja kita laksanakan kepada Ormas pemuda, kita berikan materi Pancasila, wawasan kebangsaan, bela negara, dan bahaya radikalisme,” kata Didik kepada wartawan media ini.

Informasi yang disampaikan Kesbangpol Tuban menyebutkan, pihaknya juga menunggu Surat Keputusan (SK) Bupati Tuban tentang pembentukan Tim Terpadu Pembinaan Ormas (TTPO) oleh Pemerintah Kabupaten Tuban. Verifikasi data Ormas dan LSM akan terus dilakukan oleh Badan Kesbangpol Tuban sebagai salah satu tindak lanjut dari Program Big Data Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky. (hin/im)

/