Mudik Lancar, Lalu Lintas Kota Tuban Padat

9
Kondisi Lalu Lintas di Kota Tuban jelang Hari Raya Idul Fitri.

kabartuban.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H/ 2022 M tahun ini, situasi lalu lintas di Kota Tuban ramai lancar. Banyak kendaraan ber plat nomor luar kota, menunjukan derasnya arus mudik tahun ini di Kabupaten Tuban. Hampir semua ruas jalanan di kota terpantau ramai lancar dan sejumlah kemacetan kecil sesekali terjadi, Minggu (01/05/2022).

Mudik tahun ini berjalan normal tanpa bayang ketakutan Pandemi Covid-19 seperti pada 3 tahun sebelumnya. Meskipun Pandemi Covid-19 belum dinyatakan berakhir, namun situasi terlihat sudah tidak ada kekhawatiran masyarakat tentang Covid-19. Banyak warga Tuban yang tidak dapat mudik karena 2 tahun situasi pandemi dan tahun ini bisa kembali pulang ke kampung halaman.

Fenomena mudik tersebut menjadi salah satu faktor kepadatan jalan dan ruang publik di Kabupaten Tuban. Wartawan media ini memantau situasi kepadatan setiap ruas jalan di Kota Tuban sejak siang hingga malam akhir pekan kemarin, Sabtu (30/03/2022). Selain keluar untuk berbelanja, sebagian warga mengaku ingin sekedar jalan-jalan di Kota Tuban dan mencari tempat berbuka puasa bersama keluarga.

“Saya pulang mudik dari Bali, kerja di sana sudah dua lebaran tidak pulang. Alhamdulillah di tahun ini bisa mudik dan menikmati lebaran di Tuban kampung halaman saya ini,” kata Andri salah satu warga yang ditemui saat kemacetan kecil terjadi di Jl. Pemuda Tuban.

Andri mengaku cukup senang dan melihat Tuban saat ini banyak perkembangan. Oleh karena itu dirinya keluar jalan-jalan sejak sore hari sekaligus mencari buka puasa bersama keluarga.

Kepadatan lalu lintas di Kota Tuban juga banyak terjadi di sekitar tempat perbelanjaan. Ruas jalan di sekitar pusat perbelanjaan tersebut cukup padat dan seringkali terjadi kemacetan. Namun tidak tampak petugas yang mengatur lalu lintas di tengah kemacetan Kota Tuban.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Lingkungan Hidup dan dan Perhubungan (DLH dan Hub) Imam Isdarmawan mengatakan kepadatan kendaraan yang terjadi akibat meningkatnya mobilitas masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Kita semua sudah melakukan upaya antisipasi, dan jika terjadi di wilayah pusat perbelanjaan, pihak pengelola juga harus segera melakukan langkah antisipatif berkoordinasi dengan Satlantas Polres Tuban agar situasi lalu lintas lancar dan tidak terjadi kemacetan,” terangnya.

Sejumlah warga mengeluh karena dalam situasi lalu lintas kota yang cukup padat, tidak tampak petugas berjaga dan mengatur lalu lintas. (im/nat)

/