Paripurna DPRD Tuban Dorong Peningkatan PAD Hingga Tiga Triliun

19
Bupati Tuban dan Ketua DPRD Tuban dalam Rapat Paripurna TA 2023

kabartuban.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban menggelar rapat Paripurna dalam rangka menyampaikan rekomendasi terhadap Laporan Keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tuban Akhir TA 2023.

Dalam Rapat Paripurna kali ini, penekanan diberikan pada aspek pengendalian dan evaluasi kinerja program. Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, secara langsung menyampaikan hal ini saat menghadiri rapat tersebut bersama Ketua DPRD Tuban, Wakil Ketua DPRD, Pimpinan OPD, dan anggota DPRD Tuban.

Ketua DPRD Tuban, Miyadi, menyampaikan rekomendasi anggaran untuk tahun 2023, yang meliputi beberapa aspek. Salah satunya adalah penekanan pada tata kelola pemerintah daerah untuk memanfaatkan potensi yang ada, serta upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) agar Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun berikutnya dapat mencapai angka lebih dari Rp 3 Triliun.

“Kita harus bisa melakukan inovasi-inovasi baik eksekutif maupun legislatif, mendorong agar PAD di Tuban menjadi meningkat,” ujar Miyadi, Senin (22/04/2024).

Selain itu, ia juga menyoroti pentingnya mendorong peran kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk meningkatkan proses pembangunan di Tuban agar berjalan efektif dan berkolaborasi secara sinergis. Harmoni antara lembaga legislatif dan eksekutif harus terus dijaga demi membangun Tuban ke depan, karena hal ini membutuhkan kesatuan dan kerjasama yang kokoh.

Sementara itu, Bupati Lindra turut menyampaikan tanggapannya terhadap rekomendasi tersebut. “Semua saran dan masukan dalam rekomendasi tersebut akan dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk pembangkitan penyelenggara pemerintah dan pelaksanaan pembangunan daerah di tahun-tahun yang akan datang,” ucapnya.

Meskipun diakui masih ada beberapa hal yang menjadi ketidakpuasan masyarakat terhadap pencapaian yang telah dilakukan, namun hal tersebut tidak dianggap sebagai akhir dari upaya meningkatkan kepuasan kinerja. Sebaliknya, diharapkan agar hal tersebut menjadi momentum untuk membuka peluang mencapai kesuksesan pada kesempatan selanjutnya. (za/zum)

/