Penjualan Kambing Kurban Masih Meningkat Saat PPKM Darurat

0
Peternakan Kambing milik Huda, Bancar, Tuban.

kabartuban.com – Hari Raya Idul Adha  1442 Hijriyah  akan tiba dalam waktu dekat. Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Muhammadiyah sendiri telah menetapkan bahwa Idul Adha 2021 jatuh pada Tanggal 20 Juli atau 10 Zulhijah 1442.

Sementara itu, pemilik ternak kambing yang berada di Dusun Doro, Desa Tengger Kulon, Kecamatan Bancar, Tuban menjelaskan bahwa dirinya telah mendirikan ternak ini sudah  sejak 9 Tahun yang lalu dan selalu ramai pembeli  bahkan saat pandemi  sekalipun.

“Sudah sejak tahun 2012 hingga saat ini saya mendirikan peternakan kambing disini, untuk saat ini ada 100 ekor kambing,” ucap Huda pemilik peternakan kambing.

Dirinya mengungkapkan bahwa tidak ada penurunan bahkan cenderung ada kenaikan selama pandemi ini  karena pasar hewan akhir-akhir ini ditutup dan pembelinya dari berbagai kota.

“Alhamdulillah tidak ada penurunan bahkan cenderung ada kenaikan karena Minggu-Minggu ini Pasar hewan ditutup. Kalau dibandingkan dengan tahun kemarin ada yang dari Malang, Rembang dan sekitarnya, namun untuk Tahun ini paling banyak dari wilayah Tuban saja seperti dari Kecamatan Bancar terutama dari Bulu, dan sudah 70 ekor yang sudah deal, sedangkan untuk  pembeli paling jauh di tahun ini masih dari Rembang,” imbuh peternak kambing tersebut, Rabu ( 07/07/2021).

Selain kambing, beliau mulai merintis usaha barunya dengan beternak sapi. Menurut penjelasannya, peternakan sapi miliknya baru dimulai dari tahun lalu.

“Sapi baru mulai pertengahan tahun ini saya mengawali dengan 2 ekor sapi dan 1 bulan yang lalu sudah dibeli sama bos Bimafeed,” ungkap Huda dalam wawancara singkat kami. (Nat)