Ratusan Ribu Pengunjung Hadiri Haul Sunan Bonang

531

pengunjungkabartuban.com – Puncak acara Haul Sunan Bonang Tuban dipadati ratusan ribu pengunjung. Hampir semua area di sekitar alun – alun Tuban dan makam dipadati pengunjung. Pengunjung membanjir di hampir semua ruas jalan kota. Mereka hadir dari berbagai wilayah, termasuk dari luar Jawa Timur, Kamis (20/11/2014).

Puncak acara dengan pengajian akbar ini dihadiri oleh Bupati Tuban Fathul Huda beserta jajarannya, KH. Kholilurrahman (Ketua Syuriah PCNU Tuban), KH. Hasyim Muzadi, Habib Umar Muthohar, dan sejumlah tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Huda menyampaikan bahwa dirinya telah membangun infrastruktur untuk kegiatan keagamaan. “Mushola, Masjid, dan Pondok Pesantren yang ada di Tuban tidak satu pun yang tidak disumbang,” ungkap Bupati.

Lebih lanjut Bupati menerangkan bahwa hal itu semua dilakukan dalam rangka meneruskan perjuangan para wali termasuk Sunan Bonang, untuk membangun manusia yang sejahtera dunia akherat.

Dalam sambutannya, Bupati juga menyindir bahwa saat ini bantuan untuk pesantren dan infrastruktur keagamaan telah merata. “Kalau dulu, ada Pondok Pesantren yang disumbang besar, tapi hal itu dilakukan agar Kyai-nya untuk menghantam Kyai yang lain. Sekarang alhamdulillah, semua Kyai di Tuban guyub,” sambung mantan Ketua PCNU Tuban tersebut.

Dalam acara akbar ini, tampak penjagaan aparat dan keamanan panitia yang cukup ketat. Di sekitar panggung, pasukan Barisan Serba Guna (Banser) berjaga dengan seragam lengkap. Di sela berlangsungnya acara pengajian, kerumunan pengunjung masih tampak berjubel di berbagai titik. (im)