Safety Challenge SIG Group, jadi Puncak Penutupan Bulan K3 Nasional 2024

32
Kegiatan Safety Challenge SIG Group

kabartuban.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban menggelar Safety Challenge 2024 SIG Group dalam puncak acara penutupan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2024, Kamis, (07/03/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh bagian dari Operating Company (OpCo) SIG, yaitu SIG Pabrik Tuban, Semen Padang, Semen Tonasa, Semen Gresik, SBI, Semen Baturaja dan Supplay Chain Infrastructure Management.

Jatmiko, Manajer Keselamatan di Pabrik Tuban SIG, menyatakan bahwa dalam kegiatan Safety Challenge ini terdapat beberapa tantangan, termasuk penyelamatan korban di tempat yang tinggi, kolaborasi dalam menyelesaikan teka-teki di area ketinggian, pemadaman api kecil menggunakan karung, serta pemadaman api besar menggunakan mobil pemadam kebakaran.

“Pada Challenge ini setiap OpCo mengeluarkan satu tim yang terdiri dari 6 orang. Dan yang kita nilai pada challenge ini terkait pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) dan keselamatan, semangat, kerjasama, kekompakan tim. Selain itu, waktu, teknik dan ketepatan penyelesaian juga menjadi penilaian kami,” terang Jatmiko.

Sementara itu, Agung Wiharto, Direktur SDM & Umum SIG, menyatakan bahwa SIG telah mengadakan sejumlah kegiatan untuk memperingati bulan K3, termasuk seminar, webinar, safety challenge, dan berbagai kegiatan lainnya.

“Hal tersebut dilakukan tidak lain untuk meningkatkan kualitas mindset dan kesadaran kita dalam menjaga keselamatan dan kesehatan kerja,” ungkapnya.

Manfaat dari kegiatan ini dirasakan langsung oleh salah satu peserta, Lugito, perwakilan dari Supplay Chain Infrastructure Management, mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi dirinya. Dia mengakui mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman baru selama mengikuti Safety Challenge 2024 SIG Group ini.

“Saya ini tidak memiliki background K3, sehingga dengan mengikuti kegiatan ini sangat besar manfaatnya bagi saya,” ujarnya.

Sebagai penutup, pada kegiatan Safety Challenge 2024 SIG Group, juara pertama berhasil diraih oleh SIG Pabrik Tuban, diikuti oleh Semen Padang sebagai juara kedua, dan Semen Batu Raja sebagai juara ketiga. (zum/ril)

/