Sambut Mega Proyek Kilang Minyak, Bupati Kumpulkan Kades

966
Para Kades se-Kecamatan Jenu saat di ruang tunggu rumah dinas bupati, sebelum bertemu dengan Bupati H. Fathul Huda.

kabatruban.com- Bupati Tuban H. Fathul Huda kumpulkan 15 (lima belas) Kepala Desa (Kades) dari Kecamatan Janu di rumah Dinas Bupati Pendopo Krido Manunggal, jelang pelaksanaan mega proyek pembangunan kilang minyak yang dibangun oleh Pertamina dan Rosneft Oil Company di Kecamatan Jenu.

“Ini langkah awal untuk menyambut Kilang pengolahan minyak di Kecamatan Jenu,” ujar Bupati Fathul Huda, usai bertemu para Kades se Kecamatan Jenu, dirumah Dinas Bupati, kompleks pendopo Krido Manunggal (3/4/2017).

Bupati Huda juga menyampaikan, mega proyek kilang minyak tidak boleh dilewatkan begitu saja, terutama bagi warga sekitar kilang yang masih usia produktif. Disamping itu juga meminimalisir dampak khususnya warga dari proyek kilang minyak yang rencananya berkapasitas 320 ribu barrel per hari itu.

Terkait tenaga kerja, Bupati meminta semua Kades proaktif mendata warganya. Targetnya semua warga harus dilibatkan dalam proyek sesuai skill-nya.

“Kepala desa harus punya data warganya yang usia produktif ,jangan sampai mereka hanya jadi penonton,” kata Bupati.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Penanaman Modal Satu Pintu dan Tenaga Kerja, Kabupaten Tuban, Soni Kurniawan, mengtakan saat ini Pemerintah melalui dinas terkait bersama Kades dan Camat tengah melakukan pendataan disejumlah desa ring satu proyek tersebut.

Pendataan tersebut untuk mengetahui jumlah warga ring satu yang usia produktif sekaligus melindungi tenaga kerja lokal yang ada. “kami sudah melakukan pendataan dengan Camat dan Desa, sementara ini rencana lima desa sekitar,” kata Soni.

Disamping pendataan yang dilakukan Pemkab Tuban, dalam rangka melindingi tenaga kerja lokal, juga telah membuat peraturan daerah (Perda) yang saat ini dalam revisi gubernur berkaitan dengan tenaga kerja lokal. (Luk)

/