Satu Tahun, IPM Tuban Naik Capai 2,11

417

BuPati Tuban 1kabartuban.com – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Tuban selama pemerintahan H. Fathul Huda dan Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si (HUDANOR) yang di usung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan beberap partai pendukung terus mengalami kenaikan dan menunjukan ada geliat perkembangan pada masyarakat di Bumi Wali Tuban ini.

Dari catatan kabartuban.com, pada tahun 2013 Kabupaten Tuban memiliki angka IPM sebesar 69,13. Sedangkan, pada tahun sebelumnya Tuban memiliki angka IPM 67,02. Sehingga, dalam satu tahun Kabupaten Tuban mengalami kenaikan angka IPM sebesar 2,11.

Seperti yang disampikan oleh Bupati Tuban, naiknya IPM di Kabupaten Tuban tersebut merupakan indikasi perbaikan sistem pendidikan, kesehatan, dan ekonomi di Kabupaten Tuban. ”Kami berkomitmen akan terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tuban,” Kata Fathul Huda kepada sejumlah wartawan setelah acara Sosialisasi Kebijakan Penanaman Modal Dalam Negeri bersama Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di salah satu Hotel di Tuban, Rabu (5/3/2014).

Lebih lanjut diterangkan, untuk meningkatkan IPM tersebut Kabupaten Tuban mendorong terus dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Bahkan, Kabupaten Tuban mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 43 persen untuk bidang pendidikan. ”Pada tahun 2014 ini APBD kita sebesar Rp 1,5 terilyun, dan untuk pendidikan sekitar Rp 600 miliyar,” terang mantan Ketua PC NU Tuban ini.

Bupati yang juga pernah menjadi pengusaha sukses pada pada usah batu bara di Kalimantan ini juga menyatakan, pendidikan di Tuban akan terus didorong untuk maju. Hal ini seperti yang terlihat hampir disetiap kecamatan se – Kabupaten Tuban ada SMA dan SMK. Pasalnya, pendidikan adalah pondasi utama untuk mencapai kesehatan dan taraf ekonomi masyarakat yang lebih baik.

”Tanpa pendidikan yang baik, kesehatan masyarakat juga sulit terlaksana. Selain itu, tanpa pendidikan ekonomi masyarakat juga sulit untuk naik. Sehingga, jika suatu daerah inggin maju pendidikannya harus maju terlebih dahulu,” Pungakas Bupati yang jga Wakil Ketua Tanfidiyah PW NU Jawa Timur ini. (kh/im)

/