SG Fasilitasi Manasik Haji Massal CJH Tuban

895
CHJ Tuban saat praktik manasik Haji, memutari replika Kabah di Lapangan Golf Semen Gresik.

kabartuban.com – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, mengelar bimbingan manasik haji massal yang di ikuti Calon Jama’ah Haji (CJH) yang dijadwalkan berangkat pada awal Agustus mendatang, kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan golf, komplek rumah dinas PT Semen Gresik, Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak (11/7/2017).

“Manasik kali ini, adalah yang ketiga kalinya ditahun ini, lingkungan serta atribut kami setting sedemikian rupa, menyerupain yang ada disana, mulai dari Ka’bah, tempat lempar jumroh, dan juga urut-urutannya saat berada ditanah suci nanti,” Drs. H Sahid Kepala Kementrian Agama Kabupaten Tuban (11/7/2017).

Lebih lanjut diterangkan, seluruh CJH asal Tuban yang berjumlah 915 jamaah, akan dibagi menjadi 3 kloter, yakni kloter 16 berjumlah 450 orang jama’ah, sedangkan kloter 17 berjumlah 450 orang jama’ah asal Tuban dan sisanya masuk di kloter 21 gabungan dengan daerah Madiun dan Surabaya.

“Kloter 16 dan 17 berangkat tanggal 1 Agustus, sedangkan sisanya di kloter 21 akan berangkat keesokan harinya,” terang Drs. H Sahid.

Hingga hari ini, segala persiapan telah dilakukan Kemenag Tuban, dari informasi yang didapat kabartuban.com setelah bimbingan manasik kali ini, seluruh data kesehatan jama’ah, beserta surat penempatan, asrama selama menjalankan ibadah haji, akan dibawah ke Surabaya, untuk diserahkan ke Kantor Kementerian Agama Propinsi Jawa Timur.

“Besok rabu, segala surat mulai dari surat kesehatan para jama’ah, penempatan asrama, kita kirim ke Surabaya, sampai  koper para jama’ah satu hari sebelum pemberangkatan,” kata Kakankemenag Alumni UIN Sunan Ampel Surabaya ini.

Kemanag juga menghimbau, kepada para CJH, untuk selalu menjaga kesehatan, karena kurang dari dua pekan, para jama’ah akan berangkat ketanah suci

“Kepada seluruh CJH, kami meminta agar mereka menjaga kesehatan, agar saat melakukan Ibadah Haji tetap fit,  para jama’ah membutuhkan kondisi fisik yang prima,” himbau Kakankemenag Kabupaten Tuban.

Sementara itu, Dirut PT Semen Gresik, Sunardi Prionomurti mengungkapkan, pihaknya selaku perusahaan milik negara, selalu siap membantu pemerintahan daerah dan warga masyarakat, baik di ring 1-2 dan 3 yang ada di Kabupaten Tuban.

“Kami selaku BUMN, akan selalu siap membantu, seperti halnya kali ini, kami berkerjasama dengan Kemenag Kabupaten Tuban, melaksanakan bimbingan manasik haji,  agar nantinya para jama’ah, saat menjalankan Ibadah Haji tau persis prosesnya, dan untuk proses manasik haji kali ini, sengaja kami mensetting lapangan golf sedemikian rupa, seperti kubah ka’bah,  tempat lempar jumroh dan tempat lainnya,” Dirut PT Semen Gresik, Sunardi Prionomurti (Dur/Adv)

/