Stok Darah Menipis, Mahasiswa Uniro Lakukan Donor Massal

344
salah-satu-pendonor-sedang-diperiksa-1kabartuban.com – Karena tok darah di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Tuban minim, para petugas Unit donor darah PMI setempat akhir-akhir ini dengan gencar menggalang darah melalui pendonor masal, kegiatan donor darah masal ini dilakukan untuk memenuhi kekurangan stok darah untuk keperluan tranfusi bagi warga yang membutuhkan.
Berdasarkan data dari kantor PMI Tuban yang berada di Jl. Pramuka Kota Tuban menyebutkan kalau saat ini (26/10) hanya tersedia sekitar 100 kantong darah, dengan rincian 13 kantong golongan darah ‘’O”  66 golongan “B” 18 kantong “AB” dan 13 kantong olongan darah “A”.
“Meski tidak banyak, tapi semoga persedian ini cukup untuk memenuhi kebutuhan hari ini bagi warga yang membutuhkan,” Kara salah satu relawan Agus Harjunadi, Pencari, pelestari donor darah sukarela (P2D2S) Unit donor darah PMI Tuban.
Lebih lanjut diterangkan, minimnya stok darah itu disebabkan menurunya pendonor. Agus sendiri tidak tahu mengapa jumlah pendonor tidak terlalu banyak, padahal biasanya pendonor itu hanya minim jika bulan Ramadhan saja. “Sebenarnya tidak minim sekali, bisa melayani namun hanya 50 persenya, biasanya yang tidk ada itu pas bulan Ramadhan, “ kata Agus.
jika diambil rata-rata setiap harinya, kebutuhan darah untuk keperluan trafusi mencapai 20 kantong, sementara pendonornya rata-rata hanya lima pendonor setip hari,” kalau rata-rata pendonor setiap hari hanya 5 orang sementara kebutuhanya mencapai 20, itu berati kami masih kekurangan 75 persenya dan ini yang harus kita carikan.” Kata Agus.
Oleh karena itu, akhir-akhir ini ia bersama relawan di kantor PMI harus jemput bola guna memenuhi kebutuhan. Upaya yang dilakukan diantaranya pendekatan dan sosialisasi manfaat donor kepada komunitas-komunitas di Tuban, karyawan perusahaan maupun pelajar dan mahasiswa di tuban.” Kami harus pintar-pintar mencari pendonor, salah satunya dengan jemput bola, baik karyawan perusahaan maupun komunitas.” Lanjutnya.
Sementara itu, melihat kondisi stok darah di PMI Kabupaten Tuban sudah mulai menipis, para mahasiswa yang tergabung dalam unit kegiatan KSR PMI di Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban punya inisiatif melakukan kegiatan donor darah secara massal yang dilakukan di halaman kampus.

Menurut Dini Safitri (20), yang merupakan ketua panitia kegiatan tersebut menyatakan bahwa dengan adanya kegiatan donor darah ini diharapkan bisa membantu mengisi stok darah di PMI Cabang Tuban yang saat ini kondisinya menipis.

“Rencananya kegiatan donor darah seperti ini akan kita lakukan terus menerus dengan jeda waktu tiga bulan. Semoga dengan kegiatan donor darah seperti ini bisa membantu para pasien yang membutuhkan darah dan bisa mengisi stok darah di PMI,” Kata Dini Safitri. (kh)