Tanggulangi Sampah Digagas Satu Desa Satu Bank Sampah

554
Sampah di Tuban semakin menumpuk

kabartuban.com – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban tengah menggagas satu desa satu bank sampah.  Hal ini untuk menanggulangi masalah sampah yang semakin hari semakin menumpuk.

Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup, Purnomosidi mengatakan, dengan adanya program tersebut,  permasalahan sampah diharapkan bisa teratasi. Program ini juga diharapkan bisa meningkatkan penghasilan warga.

“Selain lingkungan bersih, warga mendapat tambahan penghasilan. Itu harapannya ,” jelasnya kepadakabartuban.com, Senin (20/2/2017).

Sejuah ini, lanjutnya, dari 3,8 hektar tempat pemvuangan akhir tiap hari mengahsilkan 5 ton sampah. Namun, sebagian besar berupa sampah organik yang pengelolaannya masih minim. Sebab sejauh ini bank sampah yang ada lebih fokus pada sampah anorganik.

“Nanti ada pelatihan, pendampingan, hingga produk jadi berupa pupuk kompos dan pupuk cair,” harapnya.

Sampah yang tidak dikelola dengan baik dapat menjadi musibah. Sebaliknya jika dikelola dengan tepat, sampah yang tadinya menjadi masalah bahkan musibah dapat diubah menjadi berkah.

“Saat ini masyarakat sudah mulai muncul kepedulian terhadap permasalahan sampah dengan cara memanfaatkannya. Oleh karena itu paradigma yang harus ditumbuhkan dalam masyarakat saat ini adalah sampah mau dijadikan apa, bukan sampah mau dibuang ke mana,” tuturnya.

Sedikitnya ada 51 kelompok pengelola bank sampah yang ada di kelurahan sekitar Tuban Kota dan desa-desa, dan ke depan akan diberikan pelatihan hingga pendampingan dalam mengelola sampah. (har)

/