Terpantau Naik, Ini Penyebab Harga Telur Jauh Lebih Mahal

286
Ilustrasi Penjual Telur

kabartuban.com – Masih dalam nuansa kemerdekaan, rupanya ini tak membuat seluruh pedagang merasa merdeka karena masih berada dalam polemik harga-harga kebutuhan barang pokok yang kian naik. Hal ini terpantau dari kenaikan harga telur ayam di Pasar Besar Tuban yang menyentuh harga Rp30 ribu per kilonya, Kamis (18/08/2022).

Kenaikan harga telur diakui oleh para penjual di Pasar Besar Tuban, padahal sebelumnya harga telur masih berada di kisaran Rp27.000 per kg.

“Sekarang naik lagi menjadi Rp30 ribu per kilonya gatau apa sebab kok jadi segitu,” ucap Tatik (65) warga Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Tuban.

Nenek yang memiliki 2 orang cucu ini mengaku jika kenaikan tersebut membuat para pembeli mengeluh karena dengan harga telur yang sudah beberapa hari ini naik menyebabkan para pembeli mengurangi jatah untuk membeli telur.

“Pembeli pada mengeluh karena dan sedikit mengurangi pembelian dari biasanya karena kalau disimpan terlalu lama ya bisa busuk,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DKUKMP) Tuban, Agus Wijaya menjelaskan terkait melambungnya harga telur ayam yang terjadi saat ini rupanya tidak hanya terjadi di Kabupaten Tuban saja, melainkan di beberapa daerah lain juga.

Baca Juga: Peringati HUT Ke-77 RI, Seluruh Pedagang Pasar Besar Tuban Adakan Upacara Kemerdekaan

“Harga telur saat ini terpantau memang mengalami kenaikan yang luar biasa, dan ini terjadi bukan hanya di Tuban saja. Tapi juga di beberapa Kabupaten Tuban dan kota-kota besar juga alami hal yang sama,” terangnya kepada awak media.

Menurutnya, jika salah satu penyebab dari tingginya harga telur ras ayam di pasaran yang naik secara signifikan dipicu karena harga pakan ayam yang cukup mahal. Alhasil para peternak kompak dan memilih untuk menaikkan harga jual telur-telur yang telah dihasilkan dari ternaknya di pasaran.

“Salah satu kondisi yang memicu adalah harga pakan ternaknya, itu yang membuat kenapa harga telurnya juga naik,” jelasnya.

Masih menurutnya, pihaknya akan tetap memberikan perhatian pada kondisi naiknya harga telur, yaitu dengan mengusahakan berkomunikasi dengan daerah penghasil telur, agar bisa membantu menyuplai dan harga telur bisa ditekan.

Berikut kabartuban.com sampaikan daftar harga Kebutuhan Pokok Hari ini

Pasar Baru :

  1. Cabe Keriting: 55
  2. Cabe Biasa: 65
  3. Cabe Rawit: 45
  4. Gula Pasir: 13
  5. Minyak Bimoli 1ltr:20
  6. Minyak Goreng Curah:13
  7. Bwg Merah:25
  8. Telur: 30
  9. Beras Premium: 10
  10. Beras Medium: 8.5
  11. Bwg Putih: 22
  12. Daging sapi: 120
  13. Daging ayam: 34
  14. Kedelai import: 14
  15. Kedelai lokal: –

(hin/dil)

/