Tiga Proyek di Indonesia Memenangkan Hadiah Konstruksi Berkelanjutan

197

holchimkabartuban.com – Proyek pemenang Holcim Awards 2014 Asia Pasifik menunjukkan bagaimana bangunan dengan konsep konstruksi berkelanjutan dapat meningkatkan kinerja manusia, alam dan ekonomi kawasan bersangkutan. Tiga proposal yang akan dibangun di Indonesia termasuk dalam 13 kandidat yang memenangkan hadiah kompetisi Holcim Awards untuk konstruksi berkelanjutan. Semuanya berlokasi di Bandung, Tangerang dan Jakarta serta dirancang oleh para tim dari Jepang, Singapura dan mahasiswa dari Universitas Katolik Parahyangan di Bandung dan Universitas Indonesia di Jakarta.

Juri independen kompetisi Holcim Awards memilih 13 proyek pemenang dari hampir 1.000 proposal yang dimasukkan dalam Asia Pasifik dengan menggunakan “masalah sasaran” untuk konstruksi berkelanjutan yang mencakup “tiga hal terpenting” atau triple bottom linedari kinerja lingkungan, sosial dan ekonomi, serta memperhatikan pula kebutuhan akan keunggulan arsitektur dan tingkat fleksibilitas yang tinggi. Proyek pemenang diumumkan dengan total uang hadiah sejumlah USD 330.000 di sebuah acara gala di Djakarta Theatre.

Hadiah Penghargaan di kategori utama kompetisi ini dimenangkan oleh seorang profesor arsitektur dari Tokyo dan tim mahasiswa masing-masing dari Chiba University di Jepang dan Universitas Indonesia di Jakarta. Proyek mereka merupakan kontribusi untuk meningkatkan hunian liar di kota megapolitan dengan menggunakan Jakarta sebagai contoh. Penekanan sangat besar diberikan pada partisipasi para pemegang kepentingan; masyarakat terlibat di seluruh tahap perencanaan serta konstruksi,dan bukan hanyaditawarkan sebuah proyek yang telah tuntas.

Antonius Richard Rusli, mahasiswa di Universitas Katolik, menerima salah satu dari lima hadiah Holcim Awards – Next Generation atau “Generasi Selanjutnya” untuk proyek pemulihan kawasan kota di Bandung. Hadiah lain dalam kategori ini dimenangkan oleh Eugene Tang, mahasiswa di National University of Singapore, atas proposalnya untuk meningkatkan jaringan kota di Tangerang.

Hadiah lain dimenangkan berbagai proyek di Thailand (Emas), Nepal (Perak), Sri Lanka (Perunggu), dan Penghargaan lain serta hadiah “Generasi Selanjutnya” dipersembahkan kepada proposal yang berasal dari Bangladesh, Cina, India, Indonesia, Kiribati dan Singapura. (im)