Tingkatkan Fasilitas, Disperpusip Tuban Dirikan Studio Podcast

172
Pengunjung di perpustakaan Umum Tuban

kabartuban.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kabupaten Tuban menerapkan jam pelayanan terbaru per tanggal (01/8/2022) untuk berkunjung ke Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) yang berada di Jl. Sunan Kalijogo No. 10.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban, Nur Khamid mengatakan perubahan jam pelayanan Perpusda tersebut dikarenakan melandainya kasus Covid-19 di Kabupaten Tuban, juga untuk efektifitas berkunjung, dimana sebelumnya Perpusda beroperasi pada jam-jam kerja dan sekolah.

Kepala Perpustakaan Kab Tuban

“Saya lihat kok perpustakaan pelayanannya pada jam-jam kerja dan sekolah, kan nggak efektif ini karena kasihan anak-anak yang ingin menikmati membaca buku di Perpustakaan,” ucapnya saat ditemui di kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban, Selasa (02/09/2022).

Baca Juga: Samsat Tuban Adakan Pemutihan PKB Hingga Akhir Bulan September

Khamid sapaan akrbanya menjelaskan, bahwa kunjungan perpustakaan pasca diadakannya sekolah tatap muka mengalami peningkatan apalagi setelah Covid-19 di Kabupaten Tuban melandai. Upaya-upaya tersebut dilakukan salah satunya dengan melakukan kerjasama dengan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Tuban.

“Kemitraan itu dilakukan untuk di luar wilayah Kecamatan Tuban kita jadwalkan untuk peminjaman buku di sekolah-sekolah yang ada disana secara berkala, dan setiap satu bulan sekali kita ganti,” terangnya.

Pihaknya juga telah merencanakan untuk membuat studio Podcast di Ruang Perpustakaan dengan tujuan agar masyarakat tahu dan tidak merasa asing ketika berada di Perpustakaan.

Tak hanya itu Nur Khamid menyebut akan menggandeng komunitas literasi di Tuban untuk turut serta hadir dalam Podcast tersebut nantinya.

“Kami hanya memfasilitasi untuk di tingkat manajemennya saya hanya mengarahkan saja. Mungkin komunitas literasi saya gandeng, tapi saya sadar disana juga harus ada milenial contohnya teman-teman osis SMP,SMA, dan SMK sambal mengajari mereka untuk Public Speaking,” tuturnya.

Untuk diketahui berikut kabartuban.com cantumkan jam pelayanan terbaru dari Perpusda Kabupaten Tuban Per tanggal 01 Agustus 2022 :
Senin – Jumat : 07.30 WIB – 20.30 WIB
Sabtu : 07.30 WIB – 18.00 WIB
Minggu : 07.30 WIB – 13.00 WIB (hin/dil)

/