Unair Buka Kesempatan Bagi Calon Mahasiswa Baru KIP-K Diterima Jalur Mandiri

146
Foto ilustrasi/tribunnews.com

kabartuban.com – Universitas Airlangga (Unair) telah mengumumkan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBT pada Kamis (13/6). Dari jumlah keseluruhan, sebanyak 2.813 mahasiswa diterima melalui jalur tersebut, dengan 528 di antaranya merupakan pemegang KIP Kuliah (KIP-K).

Rektor Unair, Prof Dr Mohammad Nasih, menegaskan bahwa semua mahasiswa, termasuk yang memiliki KIP-K, memiliki kesempatan yang sama untuk mengejar pendidikan tinggi di Unair.

Pada penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri, Unair memberikan kesempatan sebesar-besarnya bagi pemegang KIP Kuliah untuk bergabung dalam berbagai program studi yang tersedia.

“Mahasiswa KIP-K hisa mendaftar hampir semua di prodi, terutama di vokasi,” jelas Nasih dilansir dari detik.com, Jumat (14/6/2024).

Nasih juga menjelaskan bahwa tidak ada kuota khusus untuk mahasiswa pemegang KIP-K dalam penerimaan melalui jalur mandiri. Namun, universitas perlu menyesuaikan alokasi jumlah mahasiswa dengan KIP-K yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Dikarenakan alokasi dari pemerintah terbatas, yakni sekitar 1.300-an mahasiswa, kami sedang mencari kemungkinan untuk memberikan kesempatan kepada pemegang KIP-K yang tidak masuk dalam kategori tersebut. Kami berharap sekitar 200 hingga 300 mahasiswa dari jalur mandiri dapat memperoleh KIP Kuliah,” ungkapnya.

Ia juga memberikan peringatan kepada calon mahasiswa pemegang KIP-K yang akan mendaftar melalui jalur mandiri agar mempertimbangkan nilai UTBK yang mereka miliki.

“Kami menyarankan agar pemegang KIP-K juga mempertimbangkan nilai yang mereka peroleh. Jangan terpaku hanya pada program studi populer seperti FK atau FKG. Persaingan di jalur mandiri sangat ketat, dan nilai yang tinggi akan menjadi keunggulan utama,” tegas Nasih. (zum/red)

/