Wabup Dorong BPJS Lebih Gencar Sosialisasi

256
Foto dokumentasi media centre, Humas Pemkab Tuban

kabartuban.com – Wakil Bupati Tuban  Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si mendorong BPJS Ketenagakerjaan untuk lebih gencar lagi dalam melakukan sosialisasi dan publikasi kepada masyarakat. Masyarakat harus mendapat informasi terkait dengan keunggulan, keunikan dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan, sehingga banyak warga masyarakat terutama pekerja bisa mengambil manfaat dari BPJS Ketenagakerjan.

Hal tersebut disampikan Wakil Bupati Tuban pada kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dan Penandatangaanan MOU antara Pemerintah Daerah Kabupaten Tuban dengan  BPJS Ketenagakerjaan Mengenai Pelaksanaan Program BPJS Ketenagakerjaan di Wilayah Kabupaten Tuban, di ruang rapat lantai III Sekretariat Daerah Kabupaten Tuban, Senin (17/12/18).

“Sosialisasi harus lebih gencar lagi. Karena cakupan pekerja itu luas seperti pekerja pabrik, pekerja formal, pekerja informal bahkan petani,” kata Wabup.

Menurutnya, menjadi pekerja dibidang pertanian, perlu ikut dalam BPJS Ketenagakerjaan, hal ini menurut Wabup untuk menjamin masa depan setelah purna tugas, pensiun ataupun adanya kecelakaan kerja, sehingga tidak menjadikan masyarakat jatuh miskin dan bisa untuk melangsungkan kehidupannya seperti halnya ketika masih bekerja.

Dalam kesempatan tersebut Wabup juga menyampaikan, Jaminan Perlindungan sosial semakin mendapat perhatian di masyarakat desa, saat ini di Kabupaten Tuban hampir 90 % dari 311 Desa sudah mendaftarkan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi Perangkat Desanya masing-masing. Bahkan untuk Desa Karanglo, Kecamatan Kerek mendapatkan apresiasi dan menjadi percontohan Nasional serta berhasil meraih penghargaan Terbaik 2 Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Tingkat Nasional 2018 beberapa pekan yang lalu.

Di lain pihak, Asisten Debuti BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Timur, Gigih Mulyo Utomo, menyatakan bahwa pihaknya berterima kasih atas dukungan Pemkab Tuban dalam keberhasilan Program Jaminan Sosial BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Hal Ini berkat dukungan pimpinan daerah yang dengan serius  ingin memberikan kesejahteraan bagi masyarakat pekerja  baik mereka yang bekerja dengan orang lain, atau bekerja secara mandiri,” ucapnya.

Gigih Mulyo Utomo juga sangat mengapresiasi pada seluruh kepala desa yang ada di Kabupaten Tuban, yang menurutnya sangat luar biasa karena sudah bisa mengakomodir dari Keberadaan BPJS Ketenagajerjaan bagi para perangkat desanya. (release/im)

/