Waranggono Maju Nyaleg

550

foto indra rukmanakabartuban.com – Indra Rukmana (32), salah satu penari tayub atau yang biasa disebut “waranggono” asal Desa Tuwiri Wetan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur itu, memberanikan diri maju sebagai calon anggota legeslatif dari Partai Gerindra.

Motifasi dirinya maju nyaleg, tidak lain adalah untuk membangkitkan kesenian tradisional khususnya tayuban agar lebih maju dan tidak  tergerus dengan budaya asing. “ motifasi saya maju nyaleg, untuk mewakili seniman di Kabupaten Tuban,” ujar Indra saat di temui kabartuban.com di kediamannya, sabtu (18/01/14).

Ibu dua anak  ini, memilih menggunakan metode kampaye dengan cara memanfaatkan profesinya, yakni  disaat pentas ia mensosialisasikan diri meminta doa dan dukungan dari warga. “ Karena saya gak banyak biaya, lewat profesi disaat pentas saya selipkan sosialisasi dan memohon doa dan dukungan dari masyarakat.” Tambah wanita yang sudah 14 tahun melakoni sebagai penari tayub ini.

Ia berharap jika nanti terpilih sebagai anggota legeslatif nanti, maka sebagai wakil rakyat ia akan memperdulikan nasib rakyat, dan meningkatkan kreatifitas kemampuan berkesinian di Kabupaten Tuban.

“Besar harapan saya jika terpilih menjadi anggota legeslatif, selain mewakili aspirasi dari masyarakat , saya akan meningkatkan kemampuan berkreatifitas kesenian tradisional,” harap indra. (af)