2 Juli, Api Porprov Akan Diarak Keliling Bumi Wali

290
Ketua Koni Kabupaten Tuban, H Mirza Ali Manshur bersama Kabang Humas dan Kabid Olahraga Disparbudpora saat memberikan keterangan pada awak media di Media Center Tuban.

kabartuban.com – Api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IV Jawa Timur 2019 akan di arak keliling Tuban. Di jadwalkan api ini masuk wilayah Bumi Wali, tepatnya di Jembatan Glendeng, Desa Simo, Kecamatan Soko, pada 2 Juli ,yang sehari sebelumnya berada di Kabupaten Bojonegoro.

Kabid Olahragaan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, Zaenal Maftuhein, menjelaskan Api Porprov akan di ambilkan dari Api Abadi Kahyaangan Api Bojonegoro pada Senin (1/7/2019), kemudian di semayankan sebentar ke Pendopo Malowopati sampai dengan keesokan harinya.

Lalu Selasa (2/7/2019) siang, sekitar pukul 13.00 WIB, Sekda Kabupaten Bojonegoro menyerahkan langsung Api Porprov kepada Sekda Kabupaten Tuban, Budi Wiyana di Jembatan Glendeng, dan diserahkan kembali ke lima atlet lari dan gulat yang kemudian dibawa menuju lapangan Desa Simo, Kecamatan Soko dengan dibarengi rombongan.

“Lima atlet yang menerima api merupaka atlet berprestasi tingkat Provinsi maupun Nasional, dan dibawa ke lapangan desa, disana sudah disambut pertunjukan reog dan lain sebagainya,” kata pria yang akrab dipanggil Zaenal ini.

Setelah dari lapangan, masih kata Zaenal, Api akan di kirab menuju ke alun-alun Tuban dengan dikawal ketat petugas kepolisian dan rombongan lainnya, melawati Kecamatan Rengel, Plumpang, Semanding dan sampai masuk wilayah kota.

“Kita jadwalkan sampai pukul 15.00 WIB api masuk ke Alun-alun dan disambut kesenian dan hiburan rakyat sampai dengan sore hari, kemudian di semayamkan di Pendopo Kridha Manunggal hingga Rabu (3/6/2019).

Dari Pendopo, kemudian api dikirab lewat jalur Pantura untuk diserahkan ke Kabupaten Lamongan, dan diteruskan ke Panceng Gresik, Grahadi Surabaya sampai dengan pembukaan Sabtu (6/7/2019) di Lamongan.

Sementara itu, Wakil Bupati Tuban, Ir. H Noor Nahar Husein,M.Si berharap, Kabupaten Tuban sebagai salah satu tuan rumah perhelatan ini ada multiplayer efek yang berdampak meningkatnya ekonomi masyarakat Tuban. Dan warga bisa memanfaatkan moment perhelatan olahraga terbesar di Jatim.

“Semoga eforia untuk menyambut even ini bisa dirasakan masyarakat Tuban, apalagi selain tuan rumah pelaksana, juga sebagai tempat penutupan porprov,” harapnya. (Dur/Rul)

Apa Komentarmu?

SHARE