Melihat Tujuh Pekerjaan Anak Pesisir Laut

kabartuban.com – Kabupaten Tuban merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang memiliki zona maritim yang membentang. Dari arah timur mulai masuk Kecamatan Palang hingga ujung barat di Kecamatan Bancar yang menjadi perbatasan Kabupaten Tuban sekaligus perbatasan Propinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Dikutip dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Tuban, Luas wilayah Kabupaten Tuban 183.994.562 Ha, dan wilayah laut seluas 22.068 km. Letak astronomi Kabupaten Tuban pada koordinat 111 derajat 30′ – 112 derajat 35 BT dan 6 derajat 40′ – 7 derajat 18′ LS. Panjang wilayah pantai 65 km.

Pekerjaan bagi masyarakat pesisir tidak hanya tentang menghasilkan rejeki untuk kebutuhan hidup, namun juga harus memperhatikan upaya untuk melestarikan pantai dan laut.

Dengan berbagai potensi pesisir dan kelautan, berikut 7 (tujuh)  pekerjaan masyarakat yang berada di wilayah pesisir pantai yang telah dihimpun tim redaksi kabartuban.com

  1. Petani Garam, mata pencaharian selain nelayan di pantai

Dengan memanfaatkan Sumber Data Matahari, masyarakat pesisir dapat mengeringkan air laut dan menghasilkan garam yang memiliki potensi ekonomi yang cukup tinggi.

  1. Nelayan Ikan

Nelayan merupakan mata pencaharian utama bagi masyarakat pesisir, baik nelayan tradisional maupun yang sudah mengelola secara tradisional. Berbagai komoditas tangkapan ikan memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

  1. Bertambak Udang

Pekerjaan ini banyak kita jumpai di wilayah pesisir. Usaha tambak udang menjadi salah satu pekerjaan yang banyak terlihat di masyarakat pesisir. Hingga hari ini, tambak udang masih cukup menjanjikan bagi masyarakat pesisir.

  1. Warung Kopi dan Makanan Ringan

Pantai menjadi salah satu daya tarik tersendiri, baik pantai yang masih alami maupun yang sudah dikelola, banyak menjadi magnet bagi para pengunjung yang ingin sekedar menikmati suasana pantai. Banyaknya pengunjung ke pantai, membuat usaha warung kopi dan makanan ringan menjamur dan menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dilakukan masyarakat pesisir.

  1. Jasa Bidang Pariwisata

Kawasan pantai menjadi zona wisata yang cukup banyak diminati masyarakat. Dengan potensi pariwisata yang ada, berbagai pekerjaan di bidang pariwisata laut menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dilakukan masyarakat pesisir.

  1. Sewa Penginapan, Cottage, Villa, atau Hotel

Satu paket dengan pariwisata, tentunya ada fasilitas penginapan seperti villa, hotel, cottage, homestay atau guest house dekat kawasan pantai. Prospek usaha ini tentunya banyak dilakukan oleh masyarakat pesisir yang berada di zona pariwisata.

  1. Usaha Restoran dan Rumah Makan

Selanjutnya adalah usaha restoran dan rumah makan. Banyak dari para pengunjung di wilayah pantai yang sekedar ingin menikmati kuliner sambil menikmati suasana pantai. Tentunya usaha ini sangat menjanjikan dan banyak kita temui di kawasan pantai.

 

Penulis        : Kodwi R

Editor          : Aidilla Winda P

 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close