175 CJH Tuban Belum Lunasi BPIH

892
Hj. Siti Maulidiyah, Plt Kasi pelaksanaan Haji dan Umroh Kemenag Tuban.

kabartuban.com Hingga saat ini (26/4/2017), tinggal 175 dari 867 Calon Jama’ah Haji (CJH) asal Kabupaten Tuban yang rencananya akan berangkat ketanah suci Juni 2017 medatang telah lunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).

“Hingga pagi ini data yang kita terima sekitar 70 persen lebih yang telah melunasi BPIH,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kasi Haji dan Umroh Kemenag Tuban, Hj. Siti Maulidiyah saat ditemui kabartuuban.com (26/4/17)

‎Diketahui pelunasan BPIH dibagi menjadi dua gelombang,  gelombang pertama dimulai sejak 10 april hingga 5 mei mendatang. “Pada pelunasan gelombang pertama ini selain CJH yang sudah ditentukan masuk kuota, ada 41 orang dari 70 CJH yang masuk dalam cadangan telah melunasi biaya haji,” terang Siti Maulidiyah.

Untuk CJH cadangan, meski sebenarnya baru berangkat tahun 2018, tapi pelunasanya harus masuk gelombang pertama.

“‎Jadi tidaknya mereka berangkat setelah pelunasan gelombang kedua, mulai tanggal 5 mei hingga 2 juni. Kalau ada kuota lebih maka cadangan ini akan berangkat tahun ini, dan kalau tidak mereka akan berangkat tahun 2018,”‎ katanya.

Lebih lanjut Maulidiyah menyampaikan terkait pelunasan‎ gelombang kedua ini tidak menurut porsi atau kuota, tapi diutamakan bagi mereka yang lansia yang diperioritaskan oleh pemerintah dan berhak didampingi oleh keluarga anak, suami atau istri.

Selain lansia yang menjadi prioritas, pada gelombang kedua ini  juga ada  CJH gagal karena system di gelombang pertama. “Yang gagal ini karena mereka sudah pernah haji, maka mereka harus menunggu adanya kelebihan porsi atau kuota,”  pungkas Plt. Kasi Haji dan Umroh Kemenag Tuban (Pul)‎

/