Becek Menthok Khas Tuban

97
foto: becek menthok tuban

Saat berkunjung ke Kota Tuban, kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas Kota Tuban. Kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini memiliki banyak makanan yang patut untuk dicoba. Tidak sedikit pula masyarakat yang merelakan waktu luangnya untuk berburu kuliner di Kota Tuban saat tengah berkunjung.

Kota Tuban memiliki beberapa kuliner khas yang cukup melegenda dan unik. Tentu saja hal ini menjadi alasan masyarakat dan para wisatawan untuk “menjajal” makanan khas Kota Tuban tersebut. Di antara kuliner khas Tuban yang cukup masyhur adalah becek menthok. Kata “Menthok” pada menu makanan khas Tuban ini memiliki arti daging bebek.

Menu kuliner becek menthok sendiri memiliki banyak penggemar di Tanah Air. Sebagai makanan khas Tuban yang memiliki cita rasa pedas dan gurih, kuliner ini kerap ditemui pada acara hajatan atau menjelang lebaran di Kota Wali ini.

Selain kerap ditemui saat acara hajatan atau saat lebaran, becek mentok ini juga dapat dinikmati di sejumlah rumah makan yang ada di Tuban, salah satunya di Warung Jangkar yang berada di Desa Tegalagung, Kecamatan Semanding, Tuban.

Makanan yang identik dengan kuah bersantan yang kaya akan rempah-rempah ini dapat dinikmati dengan nasi putih atau nasi jagung. Semerbak aroma gurih dan pedas saat kuat becek menthok dituangkan ke mangkuk. Bumbu kuah yang terbuat dari campuran bawang putih, bawang merah, kemiri dan cabai yang dihaluskan mampu menggugah selera siapapun yang akan menyantap hidangan khas Tuban tersebut.

Daging menthok juga dimasak dengan baik hingga menghasilkan daging yang empuk dan tidak amis. Becek menthok juga memiliki perbedaan dengan gulai. Dari olahan bumbunya, jika gulai menggunakan cengeh, sedangkan becek tidak menggunakan bahan rempah tersebut.

Cara penyajian becek menthok hingga menjadi masakan yang sangat disukai banyak masyarakat tersebut pun sangat sederhana. Hanya dengan menuangkan kuah ke mangkok atau piring, kemudian memberikan taburan bawang goreng dan daun bawang agar aroma kuahnya menjadi lebih harum dan gurih membuat becek menthok mampu memikat selera bagi penikmatnya.

Dengan kuah yang kental serta rasa pedas dan gurih sangat cocok dimakan saat kondisi kuah masih hangat, apalagi di makan saat musim hujan, karena kuahnya dapat menghangatkan tubuh dan daging menthok yang sangat lembut menambah cita rasa yang nikmat.

Penulis: Selfi Fajar Mega Nofa – Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Angkatan 2022, Fakutas Hukum, Universitas Sunan Bonang Tuban