Berikut Tips Mudah Melancarkan Sistem Pencernaan Tubuh

42
foto ilustrasi pencernaan di dalam tubuh kita

kabartuban.com – Pencernaan kurang lancar menyebabkan rasa tidak nyaman pada pengidapnya.  Sering kembung dan susah buang air besar merupakan salah satu tanda bahwa sistem pencernaan tidak lancar.

Seseorang dikatakan mengalami sembelit jika sudah tidak bisa BAB lebih dari 3 hari. Kerja sistem pencernaan sangat dipengaruhi oleh makanan dan aktivitas sehari-hari.

Dilansir dari hellosehat.com berikut tips mudah untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh :

  1. Lebih banyak minum air putih

Saat susah buang air besar jangan terburu-buru untuk memutuskan konsumsi obat pencahar namun cobalah untuk mengubah gaya hidup terlebih dahulu dengan menambah jumlah asupan air putih. Normalnya orang dianjurkan untuk mengonsumsi delapan gelas air minum setiap hari.

  1. Konsumsi serat

Agar BAB lebih lancar biasakanlah untuk mengonsumsi serat setidaknya 25 hingga 50 gram dalam satu hari yang bisa didapatkan dari mengonsumsi roti gandum utuh, buah dan sayur-sayuran. Serat berfungsi untuk melunakkan fases sehingga lebih mudah keluar dari tubuh.

  1. Aktif bergerak

Rutin berolahraga setidaknya jogging, lari-lari kecil atau senam ternyata mampu membuat pencernaan jadi lebih lancar. Banyak bergerak dapat membantu merangsang usus yang dapat berguna untuk mengatasi sembelit.

  1. Posisi duduk saat di toilet

Agar BAB lebih lancar, dianjurkan untuk duduk dengan mengarahkan tubuh ke depan saat sedang buang air besar kemudian lemaskan bagian lengan dan paha lalu angkat sedikit tumit kaki. Teknik ini membuat tubuh menjadi condong mengikuti gravitasi sehingga fases lebih mudah keluar.

  1. Mengonsumsi probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang mirip dengan bakteri dalam usus yang dapat membantu tubuh melawan bakteri jahat, meningkatkan penyerapan nutrisi, serta meningkatkan system kekebalan tubuh. Probiotik ini dapat ditemui dalam makanan fermentasi seperti tempe, oncom, yogurt dan kimchi.

Baca Juga: Bangkitkan Kembali MPU, Pemkab Tuban Realisasikan Program Angkutan Pelajar Pada Oktober Mendatang

  1. Makan dengan perlahan

Makan secara perlahan juga mengunyah makanan dengan lebih lama akan meringankan kerja lambung, usus dan organ-organ pencernaan lainnya sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan karena tubuh memiliki cukup waktu untuk mencerna makanan dengan lebih baik.

  1. Tidak tidur setelah makan

Tubuh mencerna makanan dengan lebih baik dalam posisi tegak. Kebiasaan langsung tidur setelah makan justru bisa menghambat proses pencernaan bahkan makanan bisa naik Kembali bersama asam lambung menuju kerongkongan. Jika ingin tidur sebaiknya tunggulah selama 2-4 jam.

  1. Cermat memilih asupan lemak

Konsumsi lemak secara berlebihan justru bisa membuat perut terasa begah dan tidak nyaman. pilihlah lemak yang menyehatkan seperti asam lemak omega 3. Studi menunjukkan bahwa jenis lemak ini bermanfaat untuk pencernaan dan bisa mencegah peradangan. (mel)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

/