BMKG Deteksi Dua Siklon Tropis di Wilayah Indonesia

kabartuban.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan adanya siklon tropis Pulasan dan bibit siklon tropis 98W yang terpantau di sekitar wilayah Indonesia, Selasa (17/9/2024).

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Andri Ramdhani, menjelaskan bahwa siklon tropis Pulasan terletak di Laut Filipina pada koordinat 18,4 derajat lintang utara dan 139,8 bujur timur.

“Sementara bibit siklon tropis 98W terpantau di Laut Barat Filipina, tepatnya di sekitar 17,7 derajat lintang utara dan 119,8 bujur timur,” jelas Andri, seperti dilansir dari Kompas.com.

Siklon tropis Pulasan, yang berjarak 2.220 kilometer di sebelah utara Biak, Papua, bergerak dengan kecepatan angin maksimum 40 knot (sekitar 75 kilometer per jam) dan tekanan udara 996 hPa. BMKG memprediksi kecepatan angin maksimum ini akan bertahan dalam 24 jam ke depan, dan siklon ini bergerak ke barat-barat laut menjauhi Indonesia.

Di sisi lain, bibit siklon 98W bergerak lebih lambat dengan kecepatan 30 knot (sekitar 56 kilometer per jam) dan memiliki tekanan udara lebih tinggi, yaitu 998 hPa. BMKG memperkirakan bahwa bibit siklon 98W berpotensi menjadi siklon tropis dan akan bergerak ke arah barat dalam 24 jam ke depan.

Andri menambahkan bahwa meskipun siklon tropis Pulasan tidak langsung meningkatkan curah hujan di Indonesia, dampaknya terlihat pada gelombang laut yang meningkat di beberapa wilayah, termasuk Selat Makassar bagian tengah dan utara. Gelombang laut di kawasan tersebut diperkirakan mencapai 1,25-2,5 meter.

Gelombang setinggi 1,25-2,5 meter juga diprediksi terjadi di perairan Kepulauan Sangihe hingga Talaud, Kepulauan Sitaro hingga Bitung, Laut Maluku, serta perairan utara Halmahera dan Laut Halmahera. Bibit siklon 98W, di sisi lain, dapat menyebabkan curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Kepulauan Riau, serta gelombang laut setinggi 1,25-2,5 meter di Laut Natuna dan perairan sekitarnya.

Daerah seperti Laut Natuna Utara dan Selat Malaka bagian utara diperkirakan akan mengalami gelombang tinggi sebesar 2,5-4 meter akibat bibit siklon 98W. Untuk mendapatkan informasi cuaca terkini, masyarakat dapat mengunjungi laman resmi BMKG di bmkg.go.id. (za/zum)

Populer Minggu Ini

Kasus Pencurian Diesel yang Melibatkan Kades Kedungsoko Jalani Sidang Tahap Awal

kabartuban.com - Setelah berbulan-bulan lamanya, kasus pencurian diesel yang...

Pemkab Tuban Berkolaborasi dengan Industri Daerah Gelar Simulasi Penanganan Bencana

kabartuban.com - Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, membuka kegiatan...

Jatim Jadi Tim Sepak Bola Paling Sukses dalam Sejarah PON Setelah Berhasil Raih Medali Emas ke Lima

kabartuban.com - Tim sepak bola putra Jawa Timur berhasil...

UU Kementerian Disetujui DPR, Presiden Bebas Bentuk Kabinet Tanpa Batas Jumlah Menteri

kabartuban.com - Rapat Paripurna DPR RI Ke-7 Masa Persidangan...

Warga Panyuran Resah, Pencurian Sapi Berulang Terjadi dalam Dua Bulan

kabartuban.com – Warga Kelurahan Panyuran, Tuban, kembali dibuat resah...
spot_img

Artikel Terkait