Bupati Tuban Dapat Penghargaan KH Abd Wahab Chasbullah Award 2014

440

Bupati Tuban Dapar Perghargaan KH. A. Wahab Chasbullah 2kabartuban.com – Terhitung mulai tahun 2011 hingga 2014, atau selama pemerintahan kabupaten (Pemkab) Tuban dinahkodai H. Fathul Huda, banyak perubahan, perkembangan  dan pertumbuhan yang mencolok, utamanya pada sektor perekonomian masyarakat, serta semakin meningkatnya pendapatan asli daerah (PAD) di Bumi Wali Tuban ini.

Dari data yang dapat dihimpun Bhirawa di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkab setempat (10/9), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang semula (2011.red) tercatat baru Rp. 21,43 Trilyun, saat ini sudah menjadi Rp. 27,537 Trilyun. Bagkan jumlah angka kemiskinan juga semakin menurun yang semula 26 persen, data pada tahun 2013 tinggal 18 persen.
“APBD tahun 2011 itu Rp. 1,238 Trilyun, untuk tahun 2014 ini sebesar Rp. 1.606 Trilyun. Peningkatan APBD dan PDRB serta pertumbuhan ekonomi diatas pemerintah pusat dan jawa timur yang semula 6,36 persen menjadi 7,13 persen ini tidak lepas dari upaya kepala daerah (Bupati.red) mengerakan perekonomian di Tuban selama ini,” Kata ir. Budi Wiyana, M.Si Kepala Bapedda Pemkab Tuban saat dikonfirmasi Bhirawa.
Lebih lanjut diterangkan, upaya kepala daerah ini dengan melakukan loby serta pendekatan pada pemilik modal yang semula ingin berinfestasi di Kabupaten Tuban. Selian itu, akan multiplayer efek akan munculnya para pengusaha skala kecil juga telah dipersiapkan, selain Bupati Tuban juga telah menghidupkan kembali serta menfasilitasi berupa tempat serta modal berdagang para pedagang kaki lima.
“Banyak trobosan yang dilalakukan oleh Pak Bupati, utamanya pada sektor Holtikultura, pertanian dan perdagangan, dan saat ini hal tersebut bisa dirasakan oleh semua,” Terang mantan Kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata Pemkab Tuban sebelum menjabat sebagai Kepala Bappeda ini.
Karena trobosan serta gerakan mendorong peningkatan perekonomian umat, khususnya dikabupaten Tuban, Bupati Tuban H. Fathul Huda beberapa saat yang lalu (6/9) dalam rangka Haul ke-43 Almaghfurlah KH Abd Wahab Chasbullah, di Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambak Beras, Jombang mendapat penghargaan KH Abd Wahab Chasbullah Award 2014.
“Untuk kategori Pelopor Penggerak Pengembangan Ekonomi nominator-nya selain Pak Huda (H. Fathul Huda.red), juga KH. Abdul Ghofur Pengasuh Pon.Pes Sunan Drajat Paciran Lamongan. Pak Huda ini lebih Istiqomah, selain yang kita nilai kejujuranya dan aktif di struktural NU dan mau memotifasi warganya, dan itu yang diajarkan almarhum dulu“ Kara KH. Hasib Abdul Wahab Putra Almaghfurlah KH Abd Wahab Chasbullah saat dikonfirmasi Bhirawa via Phonselnya (10/9).
Untuk diketahui, penghargaan KH Abd Wahab Chasbullah Award ini dibagi menjadi tiga kategori yang merujuk kepada tiga pilar utama berdirinya Jam’iyah Nahdlatul Ulama, yaitu: kategori Pelopor Penggerak Pendidikan diraih oleh Prof Dr KH M Tolkha Hasan, kategori Pelopor Penggerak Pengembangan Ekonomi diraih oleh Fathul Huda (Bupati Tuban), dan kategori Pelopor Penggerak Jam’iyah NU diraih oleh KH Mohammad Hasan Mutawakkil Alallah (Ketua Tanfidiyah PW NU Jatim). (hud)