Empon Corona, Nggak Njamin Tapi Layak Dikonsumsi

12
Foto lustrasi / Empon-empon di pasar Jogja

kabartuban.com – Dalam upaya perlawanan terhadap Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban memberlakukan Social Distancing, meliburkan sekolah, menutup beberapa tempat umum, dan tempat wisata sebagai upaya antisipasi pencegahan dan penyebaran Virus Corona. Pemerintah menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak keluar rumah, menghindai keramaian, tidak kontak fisik dengan orang lain, sering mencuci tangan hingga memakai masker untuk melakukan pencegahan.

Berdasarkan Peta Sebaran Covid-19  Kabupaten Tuban, saat ini jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) mencapai 76 orang dan satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) . Setelah mengetahui hal tersebut, ada baiknya juga masyarakat Tuban untuk tahu bahwa ada juga cara pencegahan virus dari dalam tubuh yaitu dengan meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh.

Empon – empon atau rempah tradisional menjadi viral diperbincangan di tengah merebaknya Wabah Corona. Empon – empon menjadi semakin tenar sejak Guru besar Universitas Airlangga dan Ketua Tim Riset Corona dan Formulasi Vaksin Nindom Foundation, Prof. Dr. Drh. Anwar Nindom, menyatakan virus ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi obat herbal yang bisa ditemui sehari-harinya. Terutama bahan makanan atau minuman yang mengandung curcumin.

Seperti dilansir laman beritasatu, Profesor Nindom mengatakan, Virus Corona merupakan satu Kingdom dengan Influenza, yang dapat ditangkal atau dicegah dengan curcumin. Curcumin sendiri merupakan antioksidan zan zat anti inflamasi yang dapat membantu meningkatkan resistensi sel terhadap kerusakan, infeksi, peradangan, dan mencegah beberapa penyakit degeneratif.

Adapun senyawa curcumin dapat ditemukan pada rempah-rempah tradisional di antaranya ;

  1. Jahe

Jahe menjadi salah satu yang dipercaya dapat mencegah Virus Corona. Jahe diketahui merupakan rempah yang bisa mengurangi peradadangan dalam tubuh, mengobati sakit kronis hingga menurunkan kolesterol.

Jahe mengandung curcumin yang dipercaya ampuh menangkal virus corona. Jahe juga mengandung berbagai senyawa, baik salah satunya senyawa beta-karoten dan capsaicin, yang dapat dengan cepat meningkatkan sistem imun atau kekebalan pada tubuh. Meskipun tidak menjadi jaminan aman corona dengan jahe, ada baiknya konsumsi jahe untuk upaya pencegahan diri.

Jahe yang dimaksud di sini yakni jahe merah. Jahe merah bermanfaat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini agar tubuh tetap fit. Ekstrak jahe merah dapat mencegah dan membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh. Karena itu sistem kekebalan tubuh akan meningkat.

  1. Sereh

Manfaat sereh untuk kesehatan erat dikaitkan dengan kandungan nutrisi di dalamnya. Salah satu manfaat sereh yakni menurunkan demam. Kandungan sereh juga bisa membantu mengeluarkan zat-zat berbahaya dari tubuh.

Selain membuat cita rasa makanan dan minuman menjadi lebih lezat, sereh juga mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin B, magnesium, kalium dan zat besi.

Untuk mendapatkan manfaat sereh, Anda dapat mengonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung sereh. Anda juga bisa menjadikan minyak sereh sebagai aromaterapi yang menenangkan.

  1. Kunyit

Manfaat kunyit yakni antioksidan, antitumor, dan antikanker. Sebab senyawa yang terkandung dalam kunyit yaitu kurkuminoid dan minyak atsiri mempunyai peranan dalam pemanfaatan kunyit. Antioksidan adalah senyawa yang dapat menangkal senyawa-senyawa radikal bebas. Senyawa kurkuminoid dalam rimpang kunyit memiliki sifat sitotoksik yang dapat menghambat proliferasi sel-sel kanker dan dapat mengurangi dan menghilangkan bau, rasa gatal, dan mengurangi ukuran luka dari kanker. Oleh karena itu, kunyit memungkinkan untuk digunakan sebagai antiradang yang berguna dalam terapi pengobatan kanker dan tumor.

  1. Temulawak

Temulawak adalah tanaman asli Indonesia yang bentuknya mirip dengan kunyit. Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza ini biasanya berbentuk seperti silinder dengan diameter 6 cm.

Umumnya, tanaman ini memiliki kulit yang berwarna kuning muda. Sebagai tanaman monokotil, tanaman ini tidak memiliki akar tunggang. Akar yang dipunyai yaitu akar rimpang. Manfaat temulawak yakni salah satunya untuk menjaga kebugaran.

Rempah tradisional di atas meskipun tidak bisa menjamin kita kebal terhadap penularan Covid-19, paling tidak bisa mingkatkan kebugaran dan kekebalan tubuh kita. Jika kondisi kita sehat, dan kondisi kekebalan tubuh cukup baik, maka tidak mudah terkena penyakit, termasuk Virus Corona.

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Immune Deficiency Foundation, Virus Corona merupakan virus yang menyerang sistem pernafasan serta mudah ditularkan melalui kontak perorangan. Selain  itu orang dengan imunitas rendah juga beresiko tinggi terinfeksi virus corona. (dila)

/