Festival Gemarikan, Upaya Pemkab Tuban Maksimalkan Potensi Perikanan Lokal

kabartuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP2P) menggelar Festival Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Kegiatan ini dilangsungkan tepatnya di Lapangan Desa Bulurejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Selasa (17/09/2024).

Sebelumnya, Desa Bulurejo yang memang dikenal sebagai desa penghasil ikan lele asap  telah menjadi pemasok utama komoditas ikan lele asap untuk Kabupaten Tuban hingga Bojonegoro.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Tuban, Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, perwakilan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMN/BUMD, Camat dan Forkopimka Rengel, Ketua TP PKK Kabupaten Tuban beserta jajarannya, Kepala Desa, Kepala Sekolah, serta masyarakat sekitar.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menjelaskan bahwa program Gemarikan memberikan efek ganda atau multiplier effect bagi masyarakat. Selain meningkatkan kesejahteraan pembudidaya ikan lele, program ini juga berdampak positif pada para pengolah ikan lele.

“Mengingat sebanyak 31 persen dari total produksi budidaya perikanan di Kabupaten Tuban adalah ikan lele, Festival Gemarikan kali ini benar-benar memaksimalkan potensi perikanan lokal, khususnya ikan lele,” ungkap Lindra.

Tak hanya itu, program Gemarikan ini menjadi salah satu upaya Pemkab Tuban dalam menurunkan angka stunting di wilayahnya. Angka stunting di Kabupaten Tuban telah berhasil ditekan berkat kolaborasi dan sinkronisasi lintas sektoral yang telah dilakukan. Terbukti dalam Survei Kesehatan Indonesia (SKI) Tahun 2023, Kabupaten Tuban mampu menurunkan angka stunting sebesar 7,1 persen.

Sementara itu, Kepala DKP2P Kabupaten Tuban, Eko Julianto, mengungkapkan bahwa tiap tahunnya di Kabupaten Tuban telah terjadi peningkatan produksi ikan budidaya. Pada tahun 2021, total produksi mencapai 44.166 ton, kemudian meningkat menjadi 46.706 ton pada tahun 2022.

“Pada tahun 2023, produksi ikan budidaya kembali naik menjadi 49.057 ton,” Papar Eko.

Ia menambahkan, program Gemarikan turut mendukung upaya Pemkab Tuban dalam menekan angka stunting. Kandungan gizi ikan lele menjadi alternatif olahan makanan yang bernutrisi tinggi untuk keluarga. Selain itu, program ini juga berhasil meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten Tuban.

Selain Festival Gemarikan, di dalam acara tersebut juga digelar Lomba Mewarnai yang dimeriahkan oleh 400 pelajar SD/MI dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Tuban, serta penyerahan santunan jaminan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris.(fah/za)

Populer Minggu Ini

Kasus Pencurian Diesel yang Melibatkan Kades Kedungsoko Jalani Sidang Tahap Awal

kabartuban.com - Setelah berbulan-bulan lamanya, kasus pencurian diesel yang...

Pemkab Tuban Berkolaborasi dengan Industri Daerah Gelar Simulasi Penanganan Bencana

kabartuban.com - Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, membuka kegiatan...

Jatim Jadi Tim Sepak Bola Paling Sukses dalam Sejarah PON Setelah Berhasil Raih Medali Emas ke Lima

kabartuban.com - Tim sepak bola putra Jawa Timur berhasil...

UU Kementerian Disetujui DPR, Presiden Bebas Bentuk Kabinet Tanpa Batas Jumlah Menteri

kabartuban.com - Rapat Paripurna DPR RI Ke-7 Masa Persidangan...

Warga Panyuran Resah, Pencurian Sapi Berulang Terjadi dalam Dua Bulan

kabartuban.com – Warga Kelurahan Panyuran, Tuban, kembali dibuat resah...
spot_img

Artikel Terkait