Gandeng Lima BUMN, Pemerintah Akan Fasilitasi UKM Bisa Ekspor

Kabartuban.com –  Pemerintah saat ini telah menyiapkan berbagai perangkat infrastruktur termasuk fasilitas-fasilitas untuk mendorong produk-produk dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia yang bisa di ekspor.

Perangkat dan fasilitas tersebut nantinya akan mengandeng sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti Banda Ganda Rasa, PT Sarinah, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia dan PT Pos Indonesia sebagai pengerak.

Hal tersebut disampikan Sunarsip Ekonom Bank Bukopin Pusat, saat memberi materi seminar 2016 di Kabupaten Tuban tempo hari.

“Lima BUMN ini kan punya kompetensi atau keahlian sendiri-sendiri, yang menjadi pengerak dan konsolidator atau sebagai katalis bagi pengusaha-pengusaha UKM, sehingga nanti produk mereka dikumpulakan atau dibeli oleh BUMN,” kata Sunarsip.

Saat ini Pemerintah konsen untuk mengembangkan UKM kecil-menengah dengan menjalankan KUR untuk, dan juga sudah menyiapkan perangkat-perangkat kemudahan usaha.

“Jadi jangan sampai fasilitas yang telah disediakan pemerintah tersebut, tidak termanfaatkan, dan yakinlah UKM kecil-menengah ini nanti bisa tumbuh dan berkembang” kata Ekonom kelahiran Palang Tuban ini.

Sunarsip juga berharap, para pengusahan di Kabupaten Tuban yang saat ini sudah masuk sebagai terdapat banyak Industri untuk percaya diri dan bekerja keras. Perangkat infrastruktur yang sudah di sediakan pemerintah, dan nantinya UKM-UKM di kumpulkan untuk di data.

“ Sistem atau Program ini akan memudahkan bagi mereka yang akan menjual produk-produk keluar negeri dan dalam negeri termasuk identitas pajaknya,” terang  Sunarsip.

Produk-prpoduk yang di ekspor itu nantinya bebas biaya, seperti biaya impor, biaya Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPNBR) juga bebas biaya, asalkan nantinya barang mewah tersebut bisa di ekspor lagi.

“Saya yakin semua pengusaha di Tuban dapat menikmati fasilitas itu semua, selain UKM ada juga yang bisa menikmati fasilitas itu yaitu Asosiasi (kumpulan dari pengusaha kecil) nanti akan mendapatkan kemudahan ekspor untuk produk-produknya,” tutup Sunarsip. (Ning)

Populer Minggu Ini

Paslon RAFI Adakan Konsolidasi dengan Para Pendukungnya

kabartuban.com - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban,...

Seorang Nelayan Tuban Hilang di Laut Saat Akan Pasang Lampu Rumpun

kabartuban.com – Jalil (60), seorang nelayan asal Bulu Jowo,...

Formasi Satpol PP Jatim Kosong: Belum Ada Pendaftar, BKD Tunggu Keputusan Pusat

kabartuban.com – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur menginformasikan...

Risma Mundur dari Jabatannya, Muhadjir Effendy Jadi Plt. Menteri Sosial

kabartuban.com – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menanggapi pengunduran...

Prakiraan Cuaca Tuban, Sabtu 7 September 2024

kabartuban.com -- Berdasarkan Prakiraan Cuaca yang dirilis oleh Badan...
spot_img

Artikel Terkait