Kades Diminta Segera Susun RPJMD

kabartuban.com- Bupati Tuban, Fathul Huda meminta kepada 36 cakon kepala desa yang telah dilantik menjadi kepala desa segera menyusun rencana program desa, baik berupa Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa maupun rencana pembangunan tahunan desa.

“Bersama BPD segera menyusun rencana program desa, dengan memperhatikan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia. Kelola dan berdayakan potensi unggulan desa,  sehingga mampu menghidupi, mensejahterakan, dan memakmurkan masyarakat desa,” terangnya kepada kabartuban.com, Rabu (28/12/2016).

Fathul Huda melanjutkan, saat ini masih banyak pekerjaan rumah menanti yang harus segera diselesaikan. Selain menjaga kondusifitas musyawarah desa untuk menyusun anggaran pendapatan dan belanja desa, gesekan yang terjadi saat Pilkades juga segwra siselesaikan.

“Terpilihnya sebagai kepala desa, mencerminkan besarnya harapan masyarakat akan adanya perubahan yang lebih baik. Dalam menjalankan kepemimpinannya kepala desa dituntut lebih visioner, kreatif, dan inovatif,” paparnya.

Dikatakan Huda, sebagai kepala desa, mempunyai wewenang untuk mengatur kehidupan masyarakat yang dituangkan dalam peraturan desa. Dengan kewenangan tersebut semestinya lebih kreatif untuk mewujudkan harapan masyarakat.

“Dalam menjalankan tugas menyelenggarakan urusan pembangunan kepala desa dituntut mampu menggali dan mengelola potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki,” tuturnya.

Ditambahkan, selain kemampuan dalam mengelola potensi yang dimiliki, kepala desa juga harus maampu mensinergikan potensi desa. Selain itu juga harua mampu sinergikan program pemerintah desa dengan program pemerintah yang diterima desa.

Sinergitas ini diperlukan untuk menghindari adannya tumpang tindih dalam pelaksanaan pembangunan. Sinergitas diperlukan untuk menciptakan keadilan antara wilayah di tingkat desa,” tutupnya. (har)

Populer Minggu Ini

Sistem Manajemen Pengawasan Keamanan Pangan Segar Pemkab Tuban Raih Predikat A

kabartuban.com -- Dalam acara peringatan Hari Pangan Sedunia ke-44...

Pria Paruh Baya Asal Jenu Gantung Diri Diduga Akibat Lama Sakit Keras

kabartuban.com -- Seorang pria asal Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban,...

HUT Persatu ke-49, Ultras Kecam Jangan Ada Tendensi Politik

kabartuban.com -- Ratusan Anggota Ultras Persatu Tuban merayakan peringatan...

Komisi IV DPRD Tuban Akan Jembatani Aspirasi Guru Swasta ke Menpan-RB

kabartuban.com -- Setelah melakukan aksi damai di depan kantor...

Polres Tuban Berhasil Ringkus Dua Anggota Gangster Yang Sempat Resahkan Warga

kabartuban.com -- Masyarakat Kabupaten Tuban sempat diresahkan dengan adanya...
spot_img

Artikel Terkait