Kantongi Restu dari Polres, Pak Ogah Kuasai Persimpangan Tuban

22

kabartuban.com – Kehadiran para Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas (Supeltas) atau Pak Ogah menjadi sorotan tersendiri, sebab biasanya Pak Ogah mengatur lalu lintas pada pertigaan atau putaran balik yang tidak dijaga polisi. Di Tuban disambut tanggapan baik dari KBO Sat Lantas Polres Tuban.

Hal ini juga ditanggapi langsung oleh Kaur Bins Ops (KBO) Polres Tuban, Santoso. Dirinya mengaku merasa terbantu oleh adanya Supeltas atau Pak Ogah tersebut.

“Dari kepolisian sendiri tenaganya sangat terbatas jadi tidak mungkin membackup persimpangan-persimpangan itu,” jelasnya saat ditemui reporter media ini, Kamis (20/01/2022).

Mayoritas Pak Ogah yang seringkali ditemui di persimpangan-persimpangan jalan ini tidak memaksa pengguna jalan lain untuk memberikan uang, justru masyarakat sendiri lah yang sukarela memberi kepada para Supeltas tersebut.

Tidak hanya itu, lanjut Susanto, sebelum para Supeltas tersebut turun ke jalan dan membantu masyarakat dalam mengatur lalu lintas, Kepolisian juga ikut andil dalam memberikan pelatihan bagi para Supeltas dalam mengatur kendaraan di jalan.

“Kita memberikan pelatihan atau training 3 bulan sekali kepada para Supeltas tersebut,” tambahnya.

Pihak Kepolisian Polres Tuban mengaku merasa sangat terbantu dengan adanya Supeltas untuk mengatur alur lalu lintas di persimpangan jalan raya khususnya di Tuban. (din/nat/dil)

/