Koperasi dan UMKM Baru Dapat Bantuan Modal

409
Deputi Bidang Pembiayaan pada Kementerian Koperasi dan UKM, Luhur Pradjitna saat kunjungan di Tuban

kabartuban.com – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koperasi dan UMKM  akan menggelontorkan dana hibah kepada koperasi dan UMKM baru. Hal tersebut dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di tingkat daerah maupun nasional.

“Kami targetkan se Indonesia untuk tahun ini 1.200 UMKM baru dan 40 koperasi yang masih pemula dan bakal mendapatkan bantuan,” ungkap Deputi Bidang Pembiayaan pada Kementerian Koperasi dan UKM, Luhur Pradjitna saat melakukan kunjungan kerja di Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan Kabupaten Tuban, Jum’at (17/2/2017).

Menurunya, dari 1.200 target terdapat tiga katagori atau pengelompokkan dalam aspek permodalan. Pertama terdapat 1.200 usaha pemula masuk kategori daerah tertinggal, 300 lainnya untuk usaha pemula kategori kawasan ekonomi khusus, dan sisanya 700 usaha pemula yang masuk kategori antar pendapatan kelompok dengan tingkat pendapatan menengah ke bawah.

“Untuk yang UMKM bantuan yang akan diberikan berkisar Rp10 juta-Rp13 juta, sedangkan untuk koperasi pemula kisaran dananya Rp.27,5 juta,” jelasnya.

Mengenai syarat pengajuan dana untuk koperasi,  lanjut Luhur, antara lain berbadan hukum maksimal 2 tahun, bukan koperasi karyawan. Dan diutamakan koperasi yang telah melaksanakan  RAT maksimal 2 tahun. Memiliki perangkat organisasi, tempat kedudukan dan alamat yang jelas, NPWP, rekening yang masih aktif atas nama koperasi, belu pernah mendapat bantuan yang sejenis.

Sedangkan untuk UMKM, antara lain usahaya telah berjalan minimal 6 bulan dan maksimal 3 tahun. Belum pernah menerima bantuan yang sejenis, memiliki NPWP, memiliki sertifikat pembekalan kewirausahaan maksimal 2 tahun.

Sementara itu, Kabid Koperasi dan UMKM Diskopindag Tuban, Rohmad menyatakan, dengan adanya dana hibah tersebut, diharapkan para pelaku UMKM dan koperasi bisa memanfaatkan dengan baik.

“Untuk mekanisme pengajuannya mulai tahun ini secara online, dan untuk koperasi pemula dan UMKM kemarin sudah kita bekali itu,” tutupnya.(har

/