Kunjungan Edukasi Ramaikan Museum Kambang Putih

438
kabartuban.com –  Guna meningkatkan wawasan pelajaran terhadap berbagai koleksi warisan budaya, rombongan Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Njegulo, Soko Tuban mengunjungi museum Kambang Putih, Rabu (16/12/2015) yang berada di Jalan R.A Kartini.
Nanik, Guru SDN 1 Njegulo menjelaskan, kunjungannya Ke Museum Kambang Putih bersama muridnya Guna memperkenalkan anak didiknya terkait benda-benda bersejarah.
“Selain ada di pelajaran kita pengennya juga memperkenalkan langsung ke anak-anak agar lebih mengerti tentang sejarah,” tuturnya.
Menurut Nanik, Museum tidak hanya tempat untuk berlibur saja, melainkan juga berfungsi untuk memberikan bimbingan edukatif tentang benda yang mempunyai nilai budaya.
“Setelah berkunjung ke Museum diharapkan anak-anak tahu tentang nilai sejarah benda tersebut, sehingga bisa menambah wawasan dalam pelajaran,” paparnya.
Sementara itu, Santi, Kepala UPTD Museum Kambang putih juga menerangkan, pengunjung tidak hanya melihat saja, namun ketika ingin mendapatkan materi khusus, pihaknya menyediakan tempat bagi pengunjung yang ingin mengetahui benda-benda bersejarah tersebut.
“Itu tergantung pembimbingnya, kalau meminta untuk diberi materi kita siap, namun hanya tersedia untuk 20 orang, soalnya kalau kebanyakan takutnya nanti ank-anak tidak fokus,” katanya.
Masih kata Santi, pengunjung yang datang ke Museum Kambang Putih mulai dari Paud sampai S3, pengunjung dari Bojonogero dan Lamongan adalah pengunjung yang tercatat rutin setiap tahunnya datang untuk acara study banding.
“Kemarin juga ada bimbingan untuk S3 dari Bandung, Dari Unair juga, kalau yang Unair rutin setiap tahun yang jurusan antropologi,” tutup nanik. (har/riz)
/