Manfaatkan CFD, Sukma Medika Jadi Pionir Layanan Cek Kesehatan Gratis

49
Sukma Medika Tuban saat berikan layanan cek kesehatan gratis di CFD Tuban.

kabartuban.com – Program-program kemanusiaan selalu dapat diterima oleh banyak pihak juga masyarakat, salah satunya ialah Lembaga Pelatihan Sukma Medika yang merupakan Lembaga kursus dan pelatihan Karya Siswa dengan masa pendidikan dan pelatihan selama 6 bulan serta jaminan penempatan kerja di RS/Klinik/Scincare /Home Care (HC)  di wilayah Jabodetabek.

Bergerak di bidang Kesehatan, membuat Sukma Medika yang berada di Jl. Hayam Wuruk No. 16 Gedongombo Kabupaten Tuban menyelenggarakan tes kesehatan secara gratis untuk memberikan sedikit kontribusi, khususnya kepada masyarakat Kabupaten Tuban yang mengunjungi Car Free Day (CFD) di Galanggang Olahraga (Gor), Minggu (27/02/2022).

Public Relation (PR) Sukma Medika Tuban, Noveria Siregar menceritakan, tidak hanya memberikan fasilitas tes kesehatan gratis, namun kegiatan tersebut juga akan melatih anak-anak mengetahui gambaran mereka ketika akan bekerja nantinya dan langsung terjun ke masyarakat.

“Kita ingin melatih atau membawa anak-anak itu untuk terjun langsunglah kalau ke masyarakat itu gambarannya seperti apa. Karena kan orientasinya setelah lulus langsung memberikan penempatan kerja,” tegasnya saat diwawancarai reporter media ini.

Kegiatan yang telah digelar selama empat pekan di bulan ini memberikan fasilitas berupa pengecekan kadar kolesterol, gula darah, asam urat dan pengecekan tekanan darah secara gratis kepada masyarakat yang ingin memanfaatkan fasilitas tersebut.

“Alhamdulilah antusiasme luar biasa, karena ada juga yang belum buka nih sudah nunggu terus ketika kita sudah buka mereka langsung datang,” jelasnya saat menceritakan antusiasme masyarakat.

Sementara itu, Kemal selaku Pusat Informasi Car Free Day (CFD) memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilangsungkan oleh Lembaga Pelatihan Sukma Medika karena menurutnya ini merupakan impian dari Pusat Informasi CFD. Sebab CFD bukan hanya ajang berjualan para Pedagang Kaki Lima (PKL) saja, namun adanya tenda-tenda layanan komunitas di sepanjang CFD.

Lanjut Kemal, ia membeberkan bahwa acara yang diselenggarakan oleh Sukma Medika yang menjadi pionir pertama yang memberikan layanan kesehatan secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

“Secara historis Sukma Medika termasuk yang pertama , intinya Sukma Medika menjadi pioneer pertama,” pujinya.

Di tempat yang sama, Marsiyatun (63) warga dari Kelurahan Kingking mengaku sering mengunjungi stand dari Sukma Medika tersebut untuk cek kesehatan, ia mengaku sangat senang karena setiap hari Minggu bisa melakukan tes kesehatan secara gratis.

“Tesnya ini gratis nggak bayar kalau di klinik berbayar, programnya ini bagus juga disamping itu bisa melatih para pemuda pemudi untuk menjadi tenaga kesehatan. Saya juga berharap program ini terus berjalan karena saya merasa sangat terbantu sekali,” ujarnya. (hin/dil)

/