Libur Akhir Tahun, Sunan Bonang Padat

352

sskabartuban.com – Memasuki musim libur akhir tahun, pengunjung lokasi wisata religi komplek makam Sunan Bonang Kabupaten Tuban, Jawa Timur mulai dipadati pengunjung. Ribuan peziarah mulai dewasa hingga anak – anak datang dari berbagai daerah.

Pengunjung tidak hanya dari Jawa Timur , Jawa Tengah, dan Jawa Barat saja, namun pengunjung dari kalimantan dan bahkan sebagian peziarah  datang dari luar negeri seperti malaysia dan singapura juga hadir untuk memanfaatkan liburan akhir tahunnya ke makam waliyullah.

Tujuan mereka tak hanya berwisata dan mengenal situs-situs bersejarah dunia islam di Jawa, khususnya Tuban. Melainkan juga dengan maksud memperoleh berkah serta karomah dari Sunan Bonang yang merupakan salah satu dari sembilan anggota wali songo, penyebar agama islam di tanah jawa pada abad lima belas silam.

Salah satu pengurus makam Sunan Bonang. Ihwan Hadi menyatakan, makam sunan bonang hampir dipastikan selalu ramai di padati peziarah pada saat momen momen liburan. Jumlah pengunjung setiap harinya bahkan mencapai kisaran tujuh ribu orang. Tak hanya didominasi orang dewasa, melainkankan juga pelajar dan anak – anak yang memanfaatkan liburan akhir tahunnya dengan berwisata religi.

Pada zamannya, Sunan Bonang dikenal sebagai ulama besar yang memadukan budaya kesenian Jawa dengan islam. Sebagai bukti, salah satu peningalannya dalam bidang seni yaitu musik bonang dan tembang karawitan. Hingga kini masih melekat masyarakat, terutama pada saat pagelaran wayang dan langen tayub. (s-one)