Menko Polhukam Nilai TNI Berhasil Jaga Kedaulatan Indonesia

kabartuban.com — Dipicu oleh sifat modern dan adaptif yang dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI), Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto menyebutkan selama 79 tahun TNI telah berhasil menjaga kedaulatan dan keutuhan bangsa Indonesia.

Dalam video ucapan selamat ulang tahun ke 79 untuk TNI yang diunggah di akun resmi milik TNI, ia menyatakan beberapa peranan yang telah dilakukan oleh TNI selama ini.

“Sebagai patriot dan ksatria bangsa, senantiasa menjaga, mendukung dan membela ideologi Pancasila,” ucap Hadi.

Pria yang pernah menjabat sebagai panglima TNI itu menyebutkan banyak hal yang memicu keberhasilan TNI dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan.

Dua sifat yang dinilai dapat membentuk TNI menjadi relevan dalam menghadapi berbagai tantangan zaman adalah sifat modern dan adaptif.

Dikutip dari Antaranews, Jum’at (04/10/2024), hal ini dapat dilaksanakan lantaran TNI giat melakukan modernisasi Alat Utama Sistem Senjata (Alutista), pemberian pendidikan yang relevan dengan perkembangan zaman terhadap prajurit juga adaptif dalam berbagai situasi konflik geopolitik dunia.

Hadi juga berharap di usia TNI yang memasuki angka ke-79 ini, TNI dapat terus meningkatkan pengabdiannya kepada negara melalui pemerkuatan pertahanan serta penjagaan kedaulatan bangsa.

“Teruslah pegang teguh Sapta Marga, Sumpah prajurit serta 8 wajib TNI untuk mewujudkan TNI prima, profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif,” ujar Hadi.

Ia juga menambahkan bahwa profesionalisme TNI untuk rakyat, karena TNI profesional kebanggaan rakyat. Ia juga meminta agar selalu meningkatkan sinergi untuk negeri tempatnya mengabdi. (za)

Populer Minggu Ini

HUT TNI ke-79, Dandim 0811/Tuban Utamakan Kepentingan Rakyat

kabartuban.com -- Dalam acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)...

OJK Jatim Ungkap Stabilitas Sektor Jasa Keuangan di Wilayahnya

kabartuban.com -- Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Jawa Timur (OJK...

Kemenkop UKM Tunjuk PT Surveyor Indonesia Lakukan Verifikasi Lapangan

kabartuban.com -- Sebagai anggota Holding Badan Usaha Milik Negara...

Prakiraan Cuaca Kabupaten Tuban Minggu, 6 Oktober 2024

kabartuban.com -- Pada akhir pekan setelah hari yang penuh...

Hari Jadi ke-731, Pemkab Tuban Selenggarakan Pagelaran Wayang Kulit

kabartuban.com -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menggelar Pagelaran Wayang...
spot_img

Artikel Terkait